Tampil Perkasa, Iga Swiatek Pertahankan Gelar Italian Open

Penulis: Dian Megane
Minggu 15 Mei 2022, 21:34 WIB
Iga Swiatek pertahankan dominasi di final Italian Open kontra Ons Jabeur

Iga Swiatek berpose dengan gelar Italian Open kedua sekaligus gelar kelima pada musim 2022

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Polandia, Iga Swiatek berhasil memenangkan gelar kelima secara beruntun sekaligus mempertahankan gelar Italian Open di Roma musim 2022.

Petenis peringkat 1 dunia tampil perkasa ketika membantai petenis unggulan kesembilan, Ons Jabeur dengan 6-2, 6-2 di partai puncak Italian Open.

Berkat kemenangan atas petenis berkebangsaan Tunisia, petenis berusia 20 tahun sukses mempertahankan gelar di Roma dan menambah panjang daftar kemenangan beruntun menjadi 28 kemenangan.

Sementara itu, kekalahan tersebut mematahkan 11 kemenangan beruntun yang telah dibangun petenis unggulan kesembilan yang dimulai dengan perjalanan memenangkan Madrid Open pekan lalu.

Kini, Swiatek menjadi petenis kedua yang memenangkan empat gelar atau lebih di turnamen WTA level 1000 dalam satu musim, setelah petenis yang mengantongi 23 gelar Grand Slam, Serena Williams memenangkan gelar turnamen level tersebut pada musim 2013. Petenis berkebangsaan Polandia memenangkan setiap turnamen WTA level 1000 yang ia lakoni musim ini, yakni di Doha, Indian Wells, Miami, dan kini Roma. Ia saat ini mengantongi lima gelar dari sembilan turnamen WTA level 1000 terakhir yang digelar.

Juara French Open musim 2020 pertama kali memenangkan gelar turnamen WTA level 1000 di Italian Open musim lalu (mengalahkan Karolina Pliskova). Kini ia menjadi petenis putri kesembilan yang memenangkan gelar di Roma secara beruntun sekaligus menjadi petenis putri ketiga yang memenangkan dua gelar di Roma setelah Chris Evert dan Gabriela Sabatini.

Memasuki final Italian Open musim ini, petenis unggulan pertama mengincar untuk menyamakan kedudukan head to head melawan petenis berkebangsaan Tunisia, Jabeur yang memenangkan dua pertemuan terakhir mereka. Ia tidak memerlukan waktu lama untuk bisa mencapai target tersebut. Ia mematahkan petenis unggulan kesembilan di awal pertandingan sebelum menyambar keunggulan 3-0 dan tidak pernah melepaskan kontrol di sepanjang pertandingan.

Jabeur menemukan dua peluang untuk mematahkan servis Swiatek, tetapi petenis berkebangsaan Polandia tidak membiarkan hal tersebut terjadi. Servis pada kedudukan 4-2 di set pertama, dua kesalahan menempatkan dirinya tertinggal 0/30, tetapi dengan cepat ia membalikkan keadaan dan mengklaim set pertama.

Di service game pembuka set kedua, petenis peringkat 1 dunia menghapus peluang break point pertama yang ia hadapi di pertandingan tersebut sebelum unggul dengan 4-2. Terpacu dengan peluang break, Jabeur mendapatkan peluang terbaik untuk membalikkan keadaan pada kedudukan 2-4. Tertinggal 0/40 di game tersebut, petenis unggulan pertama memunahkan empat peluang break point.

Selain itu, Swiatek membuat Jabeur berlarian di seluruh penjuru lapangan sebelum menutup game terakhir dengan servis pertama penuh tenaga.

Kini petenis berkebangsaan Polandia mencatatkan 8-1 di final turnamen WTA dan mengantongi kemenangan 16 set secara beruntun di final. Ia tidak kehilangan lebih dari lima game di kedelapan final tersebut sejak kalah di final pertama yang ia lakoni di Lugano musim 2019 (kalah dari Polona Hercog).

Dengan menyambar gelar di Doha, Indian Wells, Miami, Stuttgart, dan Roma, Swiatek menjadi petenis putri keempat yang memenangkan lima gelar atau lebih secara beruntun setelah Venus Williams musim 2000, Justine Henin musim 2007 – 2008, dan Serena Williams musim 2013.

Artikel Tag: Tenis, Italian Open, Iga Swiatek, Ons Jabeur

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/tampil-perkasa-iga-swiatek-pertahankan-gelar-italian-open
965  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini