Taklukkan Novak Djokovic, Stefanos Tsitsipas Tembus Perempatfinal Di Toronto

Penulis: Dian Megane
Jumat 10 Agu 2018, 05:21 WIB
Taklukkan Novak Djokovic, Stefanos Tsitsipas Tembus Perempatfinal Di Toronto

Stefanos Tsitsipas siap lakoni perempatfinal Rogers Cup di Toronto

Berita Tenis: Petenis muda Yunani, Stefanos Tsitsipas kembali menciptakan salah satu kekalahan terbesar di Rogers Cup, Toronto setelah berhasil menaklukkan mantan petenis peringkat 1 dunia sekaligus juara Wimbledon musim ini, Novak Djokovic.

Dengan kemenangan 6-3, 6-7, 6-3 atas Djokovic, Stefanos pun menembus perempatfinal turnamen Masters 1000 pertama dalam kariernya.

Satu tahun lalu di pekan ini, Tsitsipas belum mencatatkan kemenangan di turnamen ATP. Menghuni peringkat 168 dunia, Tsitsipas kalah di semifinal ajang Challenger yang digelar di Portoroz, Slovenia. Bisa dikatakan, bahwa petenis berusia 19 tahun tersebut telah menapaki jalan panjang sejak saat itu.

Dengan semua gebrakan yang dilakukannya musim ini, Tsitsipas saat ini berada di posisi kedua dari klasemen sementara ATP Race To Milan.

Saat ini, Tsitsipas melenggang ke perempatfinal turnamen ATP ketujuhnya musim ini. Pekan lalu di Washington, ia lolos hingga ke semifinal. Dan kemenangannya atas Djokovic tidak begitu saja ia dapatkan. Di babak kedua Rogers Cup musim ini, Tsitsipas mencatatkan kemenangan keempatnya atas petenis peringkat 10 besar ketika bertanding melawan Dominic Thiem.

Di perempatfinal, Tsitsipas akan menjajal kemampuannya melawan petenis unggulan kedua, Alexander Zverev atau petenis muda Rusia, Daniil Medvedev. Melawan keduanya, Tsitsipas tertinggal 0-1. Tsitsipas kalah dari Zverev di Washington pekan lalu dan kalah dari Medvedev di Miami awal musim ini.

Kekalahan yang dialami Djokovic bukan karena ia bermain dengan buruk, tetapi Tsitsipas berkompetisi dengan penuh percaya diri di lapangan tengah. Djokovic memanfaatkan beberapa kesalahan yang dilakukan Tsitsipas di akhir set kedua untuk memaksakan set penentu. Tetapi Tsitsipas kembali tampil apik di set penentu.

Banyak petenis muda akan memperlihatkan ketegangan mereka ketika berpeluang menutup pertandingan melawan salah satu pengembali terbaik dalam sejarah tenis, tetapi Tsitsipas tidak memperlihatkan rasa gentarnya. Ia mendapatkan peluang match point pertamanya dengan sebuah forehand winner menyilang dan akhirnya memenangkan pertandingan yang berlangsung selama 2 jam 18 menit dengan peluang match point berikutnya.

Djokovic berusaha mempertahankan momentum yang dibangunnya dengan kemenangan gelar di Wimbledon setelah melakoni final di Queen`s Club. Tetapi langkahnya kali ini harus terhenti di tangan Tsitsipas yang merupakan salah satu dari dua petenis muda yang berada di peringkat 30 besar, bersama Denis Shapovalov.

Artikel Tag: Tenis, Rogers Cup, Stefanos Tsitsipas, Novak Djokovic, alexander zverev, Daniil Medvedev, Dominic Thiem

942