Status Peringkat 1 Dunia Diragukan, Ini Jawaban Ashleigh Barty

Penulis: Dian Megane
Minggu 04 Apr 2021, 19:57 WIB
Ashleigh Barty merasa berhak menghuni peringkat 1 dunia terlepas apa pun yang dikatakan orang lain

Ashleigh Barty sukses pertahankan gelar Miami Open pada musim 2021

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Australia, Ashleigh Barty menyatakan bahwa ia berhak bertengger di posisi puncak dunia tenis meskipun tidak melakoni pertandingan selama 11 bulan.

Akibat pandemi COVID-19, pihak WTA melakukan penyesuaian tentang perhitungan poin peringkat demi membantu para petenis yang terpengaruh, yakni dengan menggunakan periode yang lebih panjang dan beberapa hasil dari musim 2019 untuk menentukan posisi mereka daripada menggunakan pendekatan 52 pekan seperti biasanya.

Dengan penyesuaian tersebut, petenis berkebangsaan Australia menghuni peringkat 1 dunia sejak 9 September musim 2019, tetapi absen dari dunia tenis antara Maret 2020 sampai Januari 2021. Ia bahkan menghabiskan pekan lebih banyak sebagai petenis peringkat 1 dunia daripada Simona Halep, Victoria Azarenka, Maria Sharapova, dan Kim Clijsters.

“Saya tidak pernah harus membuktikan apa pun kepada siapa pun,” ungkap Barty.

“Saya mengetahui semua kerja keras yang saya lakukan bersama tim saya. Saya mengetahui ada banyak pembicaraan tentang peringkat, tetapi saya tidak bermain di sisa musim lalu dan saya tidak menambah poin saya atau apa pun itu.”

“Ada beberapa petenis yang memiliki peluang untuk meningkatkan poin mereka, jadi, saya merasa saya benar-benar pantas mendapatkan posisi saya di peringkat teratas.”

Petenis yang sejauh ini telah mengantongi 10 gelar menunjuk musim 2019 sebagai kebangkitannya menuju puncak. Selama musim tersebut, ia mengklaim empat gelar, termasuk gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di French Open. Ia juga menjadi juara turnamen akhir musim, WTA Finals.

“Musim yang kami lewati pada musim 2019 sangat luar biasa, luar biasa bagi kami (tim saya). Di mata saya, kami datang ke sini dan melakukan hal terbaik yang kami bisa terlepas apa pun yang dikatakan orang-orang. Jadi, saya tidak pernah merasa harus membuktikan apa pun kepada siapa pun,” jelas Barty.

“Setiap orang berhak memiliki pendapatnya sendiri. Tidak masalah. Saya tidak bisa mengontrol apa yang dipikirkan atau dikatakan orang lain. Saya hanya terus berusaha untuk melakukan apa yang kami lakukan.”

Sejak kembali beraksi di Australian Open musim ini, petenis peringkat 1 dunia telah memenangkan 14 dari 16 pertandingan yang telah ia lakoni. Pekan ini, ia berhasil mempertahankan gelar untuk kali pertama di Miami Open setelah unggul atas Bianca Andreescu yang mundur akibat cedera di set kedua.

Barty tidak akan memiliki banyak waktu untuk merayakan kemenangannya di Miami Open musim ini, karena ia akan kembali beraksi pekan depan di Charleston.

Artikel Tag: Tenis, miami open, Ashleigh barty

1044  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini