Sofia Kenin Jadi Petenis Putri AS Pertama Yang Terkualifikasi Di Olimpiade

Penulis: Dian Megane
Selasa 04 Mei 2021, 19:25 WIB
Sofia Kenin siap ramaikan Olimpiade tahun 2021 di Tokyo

Sofia Kenin ketika beraksi di Stuttgart musim 2021

Berita Tenis: Petenis berusia 22 tahun asal AS, Sofia Kenin mengejutkan dunia tenis ketika ia berhasil memenangkan gelar Australian Open musim 2020.

Dalam perjalanan memenangkan gelar Grand Slam untuk kali pertama dalam kariernya, petenis AS menumbangkan sejumlah petenis handal seperti Cori Gauff, Ons Jabeur, Ashleigh Barty, dan Gabine Muguruza.

Petenis peringkat 4 dunia juga melenggang ke final French Open musim lalu sebelum kalah dari petenis berkebangsaan Polandia, Iga Swiatek. Atas usaha luar biasa di sepanjang musim tersebut, ia pun diganjar penghargaan WTA Player of the Year.

Akan tetapi, petenis berusia 22 tahun, Kenin melalui musim yang kurang meyakinkan pada musim 2021 setelah sejauh ini, ia gagal memenangkan satu gelar pun dan melenggang ke perempatfinal dalam beberapa turnamen.

Runner up French Open musim 2020 bahkan mengundurkan diri dari Madrid Open musim ini dan mungkin akan kembali berkompetisi di Italian Open, Roma sebelum menuju French Open.

Meski begitu, ada sejumlah berita baik bagi penggemar Kengin. Ia menjadi petenis putri AS pertama yang memenuhi kriteria untuk terkualifikasi di Olimpiade Tokyo musim ini.

Empat petenis AS dengan peringkat teratas, baik putri mau pun putra, akan terkualifikasi untuk ajang olahraga yang digelar setiap empat tahun sekali. Petenis berusia 22 tahun langsung terkualifikasi karena ia merupakan petenis nomor 1 AS.

Kenin baru-baru ini mengkonfirmasi partisipasinya di Olimpiade yang terpaksa ditunda pada musim lalu akibat pandemi COVID-19 dan juga mengekspresikan minatnya untuk berkompetisi di nomor ganda juga.

Sementara itu, petenis yang telah mengantongi 23 gelar Grand Slam, Serena Williams belum terkualifikasi, tetapi hal tersebut akan dikonfirmasi pada akhir perhelatan Italian Open yang akan dimulai pekan mendatang. Bersama Williams, Madison Keys dan Alison Riske memiliki peluang kuat untuk memenuhi kriteria tersebut.

Bahkan petenis seperti Jessica Pegula dan Gauff juga memiliki peluang untuk terkualifikasi di Olimpiade. Dengan begitu banyak petenis muda yang bersaing demi turun di Olimpiade nomor tunggal putri, kompetisi di antara petenis putra AS tidak terlalu ketat.

John Isner merupakan petenis nomor 1 AS, tetapi sebelumnya ia telah menginformasikan tentang keputusannya untuk mundur dari Olimpiade musim ini. Keputusan tersebut akan membuka peluang bagi petenis AS muda lainnya, seperti Taylor Fritz dan Reilly Opelka untuk tampil di Olimpiade.

Artikel Tag: Tenis, olimpiade, French Open, Sofia Kenin, Serena Williams

693  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini