Simona Halep Ambil Tindakan Hukum Terhadap Perusahaan Terkait Kasus Doping

Penulis: Dian Megane
Jumat 16 Feb 2024, 23:04 WIB
Simona Halep Siap Ambil Tindakan Hukum Terhadap Perusahaan Terkait Kasus Doping

Simona Halep [image: getty images]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Simona Halep menuntut ganti rugi sebesar 10 juta dolar AS dari sebuah perusahaan yang ia yakini memproduksi zat yang terkontaminasi sehingga menyebabkan dirinya diskors dari dunia tenis.

Mantan petenis peringkat 1 dunia telah mengajukan gugatan ke pengadilan di New Yorkk terhadap Quantum Nutrition yang mengoperasikan Schinoussa Superfoods, sebuah perusahaan yang berbasis di Kanada dan memiliki hubungan erat dengan tenis setelah mayoritas dutanya berasal dari dunia tenis, termasuk kapten Davis Cup, Frank Dancevic dan mantan juara Grand Slam nomor ganda, Daniel Nestor. Pendirinya adalah John Koveos.

Petenis berkebangsaan Rumania menyatakan bahwa zat terlarang, Roxadustat terdeteksi dari suplemen yang ia gunakan dari Schinoussa Superfoods. Ia mengatakan Keto MC yang ia konsumsi mengandung zat tersebut tetapi tidak disebutkan pada labelnya. Roxadustat merupakan obat yang digunakan untuk mengobati orang yang mengalami anemia untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah.

Petenis yang telah mengantongi dua gelar Grand Slam saat ini menjalani larangan bertanding selama empat musim dari dunia tenis setelah ia mendapatkan hasil tes positif untuk penggunaan Roxadustat tetapi ia bersikeras bahwa ia tidak bersalah. Pengadilan independen setuju bahwa ia telah mengonsumsi zat yang terkontaminasi tetapi menyimpulkan bahwa hal tersebut tidak akan menyebabkan jumlah Roxadustat yang ditemukan dalam sampel urinnya. Panel juga berpihak pada pandangan tiga ahli bahwa penyimpangan dalam paspor biologis petenis berkebangsaan Rumania disebabkan oleh kemungkinan doping.

Dalam upaya membatalkan atau mengurangi lamanya larangan bertanding, Halep telah mengajukan banding ke Court of Arbitration for Sport dan menghadiri sidang selama tiga hari awal bulan ini. Belum diketahui kapan keputusan akhir akan dibuat tetapi ia telah mengatakan kepada media bahwa ia yakin ia akan mendapatkan hasil yang positif.

“Saya memiliki peluang untuk memperlihatkan pertahanan saya dan saya benar-benar yakin bahwa kebenaran akan terungkap,” tutur Halep.

Saat ini, Halep dilarang bermain di turnamen level manapun sampai 6 Oktober 2026. Sejauh ini dalam kariernya, petenis berusia 32 tahun telah memenangkan dua gelar Grand Slam dan menghuni peringkat 1 dunia selama 64 pekan.

Sementara Schinoussa Superfoods belum menanggapi kasus hukum yang diajukan terhadap mereka secara publik.

Artikel Tag: Tenis, Simona Halep

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/simona-halep-ambil-tindakan-hukum-terhadap-perusahaan-terkait-kasus-doping
344  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini