Siap Tampil Di Melbourne, Rafael Nadal Tidak Khawatirkan Cedera

Penulis: Dian Megane
Minggu 13 Jan 2019, 06:46 WIB
Siap Tampil Di Melbourne, Rafael Nadal Tidak Khawatirkan Cedera

Rafael Nadal ketika melakukan latihan di Melbourne

Juara Australian Open musim 2009, Rafael Nadal tidak terlalu mengkhawatirkan tentang cederanya jelang Australian Open dan mengungkapkan tributnya kepada Andy Murray yang telah menyatakan rencana pensiunnya dari dunia tenis.

Awal musim ini, Nadal memutuskan untuk mundur dari Brisbane International akibat cedera paha, sehingga meningkatkan kekhawatiran tentang kampanyenya di Australian Open, ditambah lagi setelah ia mengakhiri musim 2018 lebih awal akibat mengalami cedera abdominal dan cedera pergelangan kaki yang berakhir di meja operasi.

Namun, Nadal menyatakan bahwa dirinya siap tampil untuk kali ke-14 di Melbourne dan akan melaknoi babak pertama dengan melawan petenis tuan rumah yang menerima wildcard, James Duckworth.

“Jika saya tidak merasa baik-baik saja, maka saya tidak akan berada di sini,” ungkap Nadal yang telah mengoleksi 17 gelar Grand Slam.

“Saya merasa prima dengan operasi yang telah saya jalani pada kaki saya. Saya bisa katakan, hal itu hampir selesai. Lalu, setelah operasi, setelah berbulan-bulan tanpa berkompetisi, menghadapi masalah pada sesi latihan, tentu akan selalu ada masalah ketika anda kembali.”

“Tetapi, tidak ada sesuatu yang baru bagi saya. Saya telah beberapa kali mengalaminya. Saya hanya berusaha menerima tantangan dari tubuh saya maupun dunia tenis.”

Musim lalu, Nadal terpaksa mundur di set kelima di perempatfinal Australian Open ketika melawan Marin Cilic. Keraguan mengenai kemampuan Nadal menghadapi tujuh pertandingan di atas hard-court mencuat kembali setelah ia mundur dari semifinal US Open musim lalu melawan Juan Martin del Potro.

Walaupun begitu, Nadal tidak membawa kekhawatiran tersebut di Melbourne musim ini dan siap menggunakan servis yang akan membuatnya meningkatkan kecepatan permainan dan berharap bisa memendekkan rally-rally pada tiap poin.

“Selalu ada hal untuk ditingkatkan. Saya belum berkompetisi dengan servis baru ini, jadi kita lihat saja. Saya percaya hal itu akan bekerja dengan baik,” imbuh Nadal.

Sementara itu, di antara para petenis, Nadal mungkin menjadi petenis yang paling berempati atas keputusan mengejutkan Andy Murray, yang menyatakan bahwa Australian Open mungkin akan menjadi turnamen terakhir dalam kariernya, setelah Nadal juga menghabiskan waktu yang cukup lama absen dari dunia tenis akibat cedera lutut yang serius.

“Hal itu akan menjadi kehilangan besar bagi kami, bagi dunia tenis, bagi turnamen, bagi para penggemar, bahkan bagi lawan-lawannya yang telah menjadi bagian dari rivalitas tangguh di antara para petenis terbaik untuk waktu yang cukup lama,” komentar Nadal tentang Murray yang pernah ia hadapi di sejumlah turnamen junior ketika mereka masih remaja.

“Tetapi begitulah kehidupan. Sepertinya ia tidak memiliki karier yang sangat panjang, karena para petenis saat ini tetapi bermain untuk waktu yang cukup lama. Tetapi ia berusia 31 tahun. 10 tahun lalu, jika ia pensiun ketika berusia 31 tahun, kita akan mengatakan bahwa ia memiliki karier yang luar biasa dan sangat panjang. Itu adalah hal yang nyata. Jadi, saya doakan yang terbaik baginya. Kita akan merindukannya.”

Artikel Tag: Tenis, australian open, Rafael Nadal

884  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini