Sabet Gelar Italian Open Kelima, Novak Djokovic Cetak Sejarah

Penulis: Dian Megane
Selasa 22 Sep 2020, 05:32 WIB
Novak Djokovic memenangkan final Italian Open 2020 di Roma

Novak Djokovic berpose dengan gelar Italian Open 2020 sekaligus gelar kelima di turnamen itu

Berita Tenis: Tiga pekan setelah mencatatkan Career Golden Masters (memenangkan kesembilan turnamen Masters 1000) untuk kali kedua di Cincinnati Open (Western & Southern Open), Novak Djokovic mencetak sejarah lain dalam sejarah turnamen Masters 1000 di Italian Open, Roma musim ini.

Petenis peringkat 1 dunia bangkit setelah sempat tertinggal di set pertama demi menumbangkan Diego Schwartzman dengan 7-5, 6-3, kemenangan yang mengantarkannya mengantongi gelar turnamen Masters ke-36 dalam kariernya. Ia memasuki Italian Open dengan 35 gelar turnamen Masters 1000, jumlah yang sama dengan koleksi Rafael Nadal, tetapi kini ia unggul satu gelar di atas Nadal usai memenangkan gelar Italian Open kelima.

Selain itu, musim ini bintang tenis Serbia mengantongi 31 kemenangan dari 32 pertandingan yang ia lakoni, termasuk memenangkan empat gelar dari lima turnamen yang ia lakoni pada musim 2020. Selain di Roma, ia juga memenangkan gelar di Melbourne, Dubai, dan New York.

Petenis asli Belgrade juga memenangkan tiga gelar turnamen Masters terakhir. Sebelum memenangkan gelar di New York dan Roma, ia juga mengklaim gelar Paris Masters musim 2019.

“Sungguh pekan yang luar biasa, pekan yang sangat menantang. Saya pikir saya tidak memainkan permainan terbaik saya di sepanjang pekan, tetapi saya pikir saya menemukan permainan terbaik saya ketika saya sangat membutuhkannya di momen-momen krusial pada setiap pertandingan,” seru Djokovic.

“Hal itu pastinya membuat saya sangat puas dan bangga. Beralih ke Paris, saya tidak bisa meminta turnamen yang lebih baik daripada ini. Gelar penting lainnya dan saya sangat senang akan hal itu.”

Satu lagi sejarah yang ia cetak adalah pekan ini ia mengawali pekan ke-287 sebagai petenis peringkat 1 dunia dan melampaui panutannya, Pete Sampras yang berada di posisi tersebut selama 286 pekan.

Kemenangan kali ini menjadi kemenangan kedua beruntun juara Australian Open musim ini atas Schwartzman di Italian Open setelah musim lalu ia mengalahkannya dengan tiga set di semifinal. Berkat kemenangan tersebut, ia masih tidak terkalahkan melawan petenis berkebangsaan Argentina setelah lima kali bertemu.

Tampil di final turnamen Masters 1000 untuk kali pertama, Schwartzman mengincar untuk menjadi petenis Argentina kelima yang memenangkan gelar turnamen ATP level tersebut. Ia akan menembus peringkat 10 besar jika ia berhasil memenangkan Italian Open musim ini, tetapi dengan kemenangan petenis peringkat 1 dunia, lawan Schwartzman di semifinal, Denis Shapovalov akan debut di peringkat 10 besar.

Petenis berkebangsaan Argentina mengawali pertandingan dengan cepat bahkan merebut keunggulan. Setelah melakukan beberapa kesalahan di tiga game pembuka , Djokovic meresponnya dengan cepat, mulai mendikte rally-rally dengan forehandnya, dan memperkecil selisih sebelum imbang dengan 3-3.

Namun, petenis berkebangsaan Serbia tidak mampu mengkonversi peluang set point pada kedudukan 5-4. Ia mendapatkan tiga peluang set point lain pada kedudukan 6-5 setelah Schwartzman melakukan sejumlah kesalahan. Pada peluang ketiga, Djokovic tidak menyia-nyiakan peluang, termasuk menyerang dengan sejumlah forehand bertenaga demi memancing petenis berkebangsaan Argentina melakukan kesalahan lainnya.

Setelah saling menukar peluang break di set kedua, petenis peringkat 1 dunia melakukan langkah krusial pada kedudukan 3-3. Dari kedudukan tersebut, ia tidak terbendung dan menutup pertandingan pada peluang match point ketiga dengan backhand dropshot.

Dengan kemenangan tersebut, Djokovic menerima 1.000 poin dan hadiah uang sebesar 205,200 Euro, sedangkan Schwartzman mendapatkan 600 poin dan hadiah uang sebesar 150.000 Euro.

Artikel Tag: Tenis, Italian Open, Novak Djokovic, Diego Schwartzman

1116  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini