Roger Federer Akan Lewatkan Turnamen Masters 1000 Ini

Penulis: Dian Megane
Minggu 16 Feb 2020, 11:35 WIB
Roger Federer Akan Lewatkan Turnamen Masters 1000 Ini

Roger Federer ketika melakoni ajang eksibisi di Afrika Selatan setelah Australian Open musim ini

Berita Tenis: Harapan akan kehadiran Roger Federer di turnamen Masters 1000 yang digelar di Madrid dan Roma pertengahan musim ini pupus sudah setelah detail dari jadwalnya dirilis oleh agen bintang tenis Swiss tersebut.

Tony Godsick telah mengkonfirmasi bahwa Federer kemungkinan hanya akan melakoni satu turnamen clay-court pada musim 2020, yakni French Open. Itu artinya, ia akan mengambil rehat selama tujuh pekan sebelum dimulainya Grand Slam kedua pada musim 2020 tersebut.

Mei musim lalu, Federer melakoni pertandingan professional pertamanya di clay-court dalam tiga musim terakhir di Madrid. Meski ia cukup lama absen dari turnamen clay-court, ia masih berhasil melaju ke semifinal French Open musim lalu.

“Menurut jadwal yang sudah ditentukan, ia hanya akan bertanding di Roland Garros (venue French Open),” ungkap Godsick kepada Reuters.

Petenis berusia 38 tahun, Federer hanya melakoni satu turnamen clay-court dalam empat musim terakhir. Ia sebelumnya memutuskan untuk melewatkan turnamen clay-court akibat cedera atau ingin mengistirahatkan tubuhnya jelang musim grass-court, waktu berharga dalam satu musim bagi Federer.

Jika jadwal sebelumnya tetap sama, Federer akan turun di Miami Open yang akan dimulai pada 25 Maret mendatang. Setelah itu, ia akan mengambil rehat hamper selama dua bulan lamanya dari dunia tenis sebelum turun di French Open yang akan dimulai pada 24 Mei mendatang.

Dalam beberapa pekan terakhir, mencuat sejumlah indikasi bahwa petenis peringkat 3 dunia, Federer akan jeda cukup lama dari dunia tenis. Berbicara kepada wartawan pada saat akan melakoni ajang eksibisi yang bertajuk Match for Africa bersama Rafael Nadal, ia menyebutkan bahwa ia akan segera melalui “periode yang lebih panjang tanpa melakukan perjalanan” demi menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya.

“Segera, kami akan melalui fase yang lebih panjang tanpa melakukan perjalanan lagi,” tukas Federer. “Saya secara konstan berdiskusi dengan Mirka (istri Federer) tentang bagaimana kami menemukan solusi termudah bagi anak-anak dan sebagian besar, bagi karier tenis saya.”

Sejauh ini pada musim 2020, Federer baru melakoni satu turnamen, yakni Australian Open bulan lalu. Ia lolos ke semifinal sebelum kalah dari sang juara, Novak Djokovic. Tetapi perjalanannya menuju semifinal jauh dari sempurna. Dalam beberapa pertandingan tertentu, ia berjuang keras secara fisik.

Meski jadwal tidak begitu padat yang ia jalani, Federer percaya bahwa masih ada waktu baginya untuk menambah koleksi gelar Grand Slam.

“Ya, saya mempercayainya,” aku Federer. “Saya pikir dengan melalui musim seperti yang saya lalui musim lalu, juga dengan permainan yang saya miliki, bagaimana saya bermain, saya merasa saya masih berpeluang.”

Federer akan kembali beraksi di Dubai yang akan dimulai pada Senin (17/02) mendatang.

Artikel Tag: Tenis, French Open, australian open, Roger Federer

672  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini