Rafael Nadal Puji Para Petenis Muda Ini

Penulis: Dian Megane
Minggu 29 Des 2019, 14:40 WIB
Rafael Nadal Puji Para Petenis Muda Ini

[bawah, dari kiri ke kanan] Alexander Zverev, Rafael Nadal, Fabio Fognini, Roger Federer [atas dari kiri ke kanan] Thomas Enqvist, Bjorn Borg, Stefanos Tsitsipas, Dominic Thiem ketika memenangkan Laver Cup 2019

Berita Tenis: Jauh pada musim 2007, Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic mengakhiri musim tersebut dengan berada di peringkat 3 besar untuk kali pertama.

Hal tersebut menjadi tonggak dari dominasi total ketiga petenis tersebut di dunia tenis putra dalam 12 musim berikutnya. Sejak 2004, ketiga petenis yang hanya melewatkan musim 2016 dengan tidak berada di posisi puncak setelah Andy Murray yang mendapatkan kehormatan tersebut, mengatasi semua rintangan untuk mempertahankan permainan mereka di level tinggi meski usia mereka telah mencapai 38 tahun (Federer), 33 tahun (Nadal), dan 32 tahun (Djokovic).

Nadal dan Djokovic menyapu bersih keempat gelar Grand Slam pada musim 2019 dan bersama Federer, ketiganya memenangkan lima dari sembilan gelar Masters 1000, sehingga memperpanjang daftar prestasi impresif mereka dan mempertegas status mereka dalam sejarah dunia tenis.

Namun, generasi penerus tenis mulai memperkecil jarak di antara mereka setelah Dominic Thiem dan Daniil Medvedev memenangkan gelar Masters 1000 pada musim 2019 serta melenggang ke final Grand Slam. Thiem melaju ke final French Open dan Medvedev lolos ke final US Open, tetapi mereka masih tidak berdaya di hadapan Nadal yang berhasil mengalahkan mereka berdua.

Selain itu, Stefanos Tsitsipas berhasil menaklukkan ATP Finals pada debutnya di turnamen akhir musim tersebut dan menjadi petenis termuda keenam yang memenangkannya. Berkat kemenangan tersebut, Tsitsipas menutup musim 2019 dengan menghuni peringkat 6 dunia, tepat di belakang Medvedev (5) dan Thiem (4).

Bagi Nadal, ketiga petenis muda tersebut bisa menjadi penantang bagi Tiga Besar dalam memperebutkan posisi puncak pada musim 2020. Nadal juga menyebutkan Denis Shapovalov dan Jannik Sinner sebagai petenis yang harus diwaspadai dalam beberapa musim ke depan.

“Normal rasanya jika banyak suara mulai bermunculan di sekeliling para petenis muda dan suara-suara itu hanya akan semakin membesar karena kami mulai semakin menua setiap harinya, sementara mereka semakin membaik setiap harinya. Mereka berkembang dari musim ke musim dan saya pikir mereka bisa memenangkan turnamen terbesar, seperti Daniil, Stefanos, dan Dominic lakukan musim ini,” jelas Nadal.

“Saya pikir Denis akan mengambil langkah besar pada musim 2020, bersama Jannik Sinner yang juga mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Mereka muncul untuk bertahan. Roger, Novak, dan saya akan masih berkutat di dunia tenis, tetapi siklus kehidupan cukup brutal dan pada satu titik, hal itu akan berubah, cepat atau lambat.”

Artikel Tag: Tenis, Rafael Nadal, Dominic Thiem, Daniil Medvedev, Stefanos Tsitsipas

644  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini