Rafael Nadal Jadi Satu-Satunya Anggota 3 Besar Di Australian Open 2022

Penulis: Dian Megane
Minggu 16 Jan 2022, 20:27 WIB
Tanpa Novak Djokovic dan Roger Federer, Rafael Nadal siap ramaikan Australian Open 2022

Rafael Nadal

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Rafael Nadal akan menjadi satu-satunya anggota 3 besar yang berpartispasi di Australian Open musim 2022 setelah Novak Djokovic dipastikan tidak akan berpartisipasi.

Roger Federer yang masih menjalani rehabilitasi dari operasi lutut ketiga, telah mengumumkan pengunduran diri dari Australian Open musim 2022 sejak musim lalu.

Petenis peringkat 1 dunia, Djokovic terpaksa mundur dari turnamen bergengsi yang digelar di Melbourne setelah pengadilan federal menguatkan keputusan menteri imigrasi, Alex Hawke untuk membatalkan visanya. Ia diberitakan akan terbang pulang ke rumah pada Minggu (16/1) malam.

Namun, petenis berkebangsaan Spanyol yang diunggulkan di posisi keenam tetap berada di undian pertandingan dan akan mengawali petualangan demi memenangkan gelar Grand Slam ke-21 dalam kariernya pada hari Senin (17/1) melawan petenis AS, Marcos Giron di babak pertama.

Petenis unggulan keenam sebelumnya tidak pernah menjadi satu-satunya anggota 3 besar yang berkompetisi di Grand Slam. Selalu ada Djokovic atau Federer yang selalu hadir kapanpun petenis berkebangsaan Spanyol berpartisipasi di turnamen paling bergengsi.

Petenis berkebangsaan Spanyol debut di Grand Slam ketika ia turun di Wimbledon musim 2003 dengan kalah di babak ketiga. Sejak saat itu, ia berpartisipasi di 61 Grand Slam (belum termasuk Australian Open musim 2022), tetapi ia belum pernah menjadi satu-satunya anggota 3 besar yang tampil di turnamen sebesar itu.

Hal tersebut sebagian besar karena fakta bahwa Djokovic memiliki rekor partisipasi di Grand Slam yang sempurna. Sejak ia debut di turnamen bergengsi tersebut pada musim 2005, ia telah melakoni semua turnamen bergengsi kecuali US Open musim 2017 akibat cedera dan kini Australian Open musim 2022 akibat dideportasi.

Ketika petenis berkebangsaan Serbia absen dari US Open musim 2017, Federer hadir.

Petenis berkebangsaan Swiss juga memiliki rekor luar biasa dalam partisipasi di turnamen paling bergengsi di dunia tenis dengan melakoni 65 turnamen tersebut secara beruntun pada periode 2000 – 2016. Fakta bahwa petenis berkebangsaan Swiss tidak pernah melewatkan turnamen tersebut selama periode tersebut, itu artinya Nadal tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk menjadi satu-satunya anggota 3 besar yang berkompetisi di turnamen bergengsi.

Tanpa kehadiran Djokovic dan Federer, Nadal memiliki peluang untuk melampaui keduanya yang sampai saat ini mengantongi jumlah gelar Grand Slam yang sama, yakni 20 gelar. Tetapi petenis berkebangsaan Spanyol mendapatkan undian pertandingan yang cukup menyulitkan setelah ia berpotensi menghadapi tantangan sejumlah petenis muda berbakat, Alexander Zverev, Daniil Medvedev, dan Stefanos Tsitsipas.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Rafael Nadal, Novak Djokovic, Roger Federer

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/rafael-nadal-jadi-satu-satunya-anggota-3-besar-di-australian-open-2022
1274  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini