Rafael Nadal Incar Gelar Grand Slam Ke-16 Di New York

Penulis: Dian Megane
Minggu 10 Sep 2017, 11:50 WIB
Rafael Nadal Incar Gelar Grand Slam Ke-16 Di New York

Rafael Nadal siap hadapi Kevin Anderson di final US Open musim ini

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Rafael Nadal bisa mengantongi gelar Grand Slam ke-16 dalam kariernya dan gelar US Open ketiganya pada hari Minggu (10/09) waktu setempat, tetapi ia harus menemukan jalan untuk mematahkan semangat tak terpatahkan lawannya asal Afrika Selatan, Kevin Anderson.

Petenis berusia 31 tahun, Nadal yang memenangkan gelar ke-10 di French Open dan menjadi runner up Australian Open musim ini, menjadi petenis yang sangat difavoritkan. Ia adalah petenis peringkat 1 dunia yang melakoni final Grand Slam ke-23 dan petenis yang memenangkan gelar Grand Slam pertamanya ketika berusia 19 tahun setelah enam kali percobaan.

Sementara Anderson, yang dua minggu lebih tua daripada Nadal, akan melakoni final Grand Slam pertamanya setelah melakoni 32 Grand Slam. Koleksi 73 gelar Nadal tentu tidak sebanding dengan tiga gelar yang baru dimenangkan Anderson.

Namun, Nadal mewaspadai servis mematikan milik petenis dengan tinggi 2.02 meter, Anderson. Di US Open, Anderson telah menembakkan 114 ace dan hanya dipatahkan lima kali dalam 108 service game. Servis miliknya juga menjadi servis tercepat ketiga di musim ini dengan kecepatan mencapai 220,4 km/jam.

“Final kali ini akan sangat sulit. Ia petenis handal dengan servisnya yang luar biasa dan ia bermain dengan begitu baik di lapangan seperti ini,” komentar Nadal tentang Anderson yang telah ia kenal sejak berusia 12 tahun.

“Saya harus bersiap menghadapinya. Ini mungkin menjadi pertandingan yang paling penting di sisa musim ini bagi saya, jadi, saya akan berusaha sekeras mungkin untuk memainkan permainan terbaik saya,” tambah Nadal yang jadi juara di New York pada tahun 2010 dan 2013, sedangkan di tahun 2011, ia berakhir sebagai runner up.

Kemenangan di final US Open kali ini akan membuat Nadal memperkecil selisih perolehan gelar Grand Slamnya dengan Roger Federer yang telah mengantongi 19 gelar dan mengokohkan dominasi Nadal, Federer, Novak Djokovic, Andy Murray, dan Stan Wawrinka dalam memenangkan gelar Grand Slam. Sejak Federer memenangkan gelar Wimbledon pertamanya tahun 2003, 52 dari 57 gelar Grand Slam telah kelima petenis tersebut.

Namun, dengan absennya juara-juara sebelumnya Djokovic dan Murray, serta juara bertahan, Wawrinka, peluang emas tentunya terbuka bagi Anderson. Untuk itu, Anderson harus berjuang keras. Di atas kertas, Nadal unggul atas Anderson dengan 4-0, termasuk memenangkan pertemuan terakhir mereka di Barcelona musim ini. Satu-satunya pertemuan mereka di Grand Slam berlangsung di babak keempat Australian Open tahun 2015 yang dimenangkan Nadal dengan tiga set langsung. Pada keempat pertemuan tersebut, Anderson hanya berhasil merebut satu set.

“Nadal adalah salah satu kompetitor terbaik di olahraga ini dan petarung luar biasa. Ia mengontrol lapangan dengan sangat baik. Jadi, saya harus benar-benar dominan dan mengontrol pertandingan, karena jika anda memberinya celah, anda akan sangat kesulitan,” timpal Anderson.

Artikel Tag: Tenis, US Open, australian open, Rafael Nadal, Kevin Anderson, Roger Federer, Novak Djokovic, Andy Murray, Stan Wawrinka

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/rafael-nadal-incar-gelar-grand-slam-ke-16-di-new-york
869  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini