Rafael Nadal Bawa Pulang Gelar Italian Open Kesepuluh Dalam Kariernya

Penulis: Dian Megane
Senin 17 Mei 2021, 10:12 WIB
Rafael Nadal berjuang keras demi mengklaim gelar Italian Open untuk kali kesepuluh dalam kariernya

Rafael Nadal berpose dengan gelar Italian Open kesepuluh dalam kariernya

Berita Tenis: Rafael Nadal mengatasi Novak Djokovic yang bangkit di pertengahan partai puncak Italian Open musim 2021 dan meningkatkan level permainan di set penentu.

Bertemu untuk kali kesembilan di Roma, petenis unggulan kedua berhasil menumbangkan petenis unggulan pertama, Djokovic dengan 7-5, 1-6, 6-3, sehingga petenis unggulan kedua berhak mengangkat trofi Italian Open untuk kali kesepuluh dalam kariernya.

Dengan kemenangan tersebut, petenis berkebangsaan Spanyol kini unggul atas petenis peringkat 1 dunia dengan 6-3 pada pertemuan mereka di Roma dan 4-2 di final turnamen tersebut. Selain itu, head to head kedua petenis menjadi 29-28 dengan keunggulan masih dipegang petenis peringkat 1 dunia.

“Ini kemenangan yang sangat memuaskan,” seru Nadal. “Sungguh mengagumkan bisa mendapati trofi ini bersama saya lagi di Roma. Trofi kesepuluh, saya benar-benar ingin memenangkan gelar kesepuluh di sini. Ini adalah salah satu gelar penting pertama yang saya menangkan dalam karier saya.”

“Setelah memenangkan 10 gelar di Roland Garros, 10 gelar di Monte Carlo, 10 di Barcelona, saya benar-benar menginginkan gelar kesepuluh di turnamen ini.”

Selain itu, dengan gelar Italian Open musim ini, petenis unggulan kedua berhasil mengantongi 36 gelar turnamen Masters, menyamai rekor yang telah dicapai Djokovic.

Usai memenangkan gelar ke-88 daalm kariernya, kini petenis berusia 34 tahun menghuni posisi keenam dari klasemen sementara ATP Race To Turin, sedangkan Djokovic ada di posisi kedua dan Stefanos Tsitsipas ada di posisi pertama.

Petenis berkebangsaan Serbia menghabiskan waktu hampir 5 jam (4 jam 56 menit) sebelum melakoni final setelah ia memenangkan perempatfinal yang ditunda karena hujan melawan Tsitsipas dan semifinal epik melawan Lorenzo Sonego di hari yang sama, sementara petenis berkebangsaan Spanyol hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit untuk mengalahkan Reilly Opelka di semifinal.

Mengawali set pertama, Djokovic tampil agresif dan mempertahankan poin agar tetap dimainkan dengan rally-rally pendek untuk merebut keunggulan 2-0. Tetapi Nadal bangkit dan tetap tenang hingga kedudukan imbang 5-5 sebelum mengklaim set pertama setelah 1 jam 15 menit.

Namun, setelah itu intensitas petenis berkebangsaan Spanyol malah merosot yang dimanfaatkan dengan baik oleh Djokovic. Dari kedudukan 1-1, petenis peringkat 1 dunia menyambar lima game secara beruntun di set kedua yang bertahan selama 43 menit.

Memasuki set ketiga, Nadal tampil lebih baik dan meningkatkan level permainan hingga ia unggul dengan 4-2, sebelum akhirnya mengkonversi peluang match point kedua setelah pengembalian backhand Djokovic terlalu melebar.

Kini, Nadal telah memenangkan 10 gelar atau lebih dalam empat turnamen yang berbeda. Selain 10 gelar Italian Open, ia juga mengantongi 13 gelar French Open, 12 gelar Barcelona Open, dan 11 gelar Monte Carlo Open.

Artikel Tag: Tenis, Italian Open, Rafael Nadal, Novak Djokovic

660  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini