Pulang Tanpa Medali Olimpiade, Ini Reaksi Novak Djokovic Jelang US Open

Penulis: Dian Megane
Senin 02 Agu 2021, 20:46 WIB
Tak kantongi medali Olimpiade, ini pandangan Novak Djokovic menuju US Open

Novak Djokovic ketika tampil di Olimpiade Tokyo

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Novak Djokovic mengakui bahwa ia tidak tampil dengan performa terbaik di Olimpiade Tokyo, tetapi bersikeras bahwa ia tidak menyesal berpartisipasi di pesta olahraga tersebut.

Petenis peringkat 1 dunia menyatakan bahwa ia merasa 50-50 tentang partisipasi di Tokyo setelah memenangkan Wimbledon, tetapi pada akhirnya berkomitmen untuk tampil di ajang olahraga empat tahun sekali tersebut.

Setelah memenangkan tiga gelar Grand Slam pertama pada musim ini, petenis berkebangsaan Serbia mengincar untuk menorehkan Golden Slam, yakni pencapaian ketika seorang petenis memenangkan keempat Grand Slam dan medali emas Olimpiade pada musim yang sama, tetapi langkahnya terhenti setelah secara mengejutkan kalah dari petenis berkebangsaan Jerman, Alexander Zverev di semifinal.

Semuanya terasa semakin memburuk ketika ia kalah di semifinal nomor ganda campuran bersama rekan senegaranya, Nina Stojanovic sebelum kalah di babak perebutan medali perunggu dari petenis berkebangsaan Spanyol, Pablo Carreno Busta.

Setelah itu, petenis peringkat 1 dunia kemudian mundur dari babak perebutan medali perunggu nomor ganda campuran dengan menyebutkan cedera pundak sebagai alasannya dan mengakui bahwa ia merasa lelah baik secara mental mau pun fisik.

“Saya menyesal tidak memenangkan sebuah medali bagi negara saya. Saya melewatkan peluang, baik di nomor tunggal mau pun ganda campuran,” aku Djokovic.

“Saya tidak tampil impresif di pertandingan sebelumnya (semifinal) dan level permainan saya di pertandingan melawan Carreno Busta menurun, juga karena kelelahan secara mental mau pun fisik.”

“Saya sama sekali tidak merasa menyesal datang ke Olimpiade, tentu tidak. Saya percaya tidak ada kebetulan dalam hidup. Semua hal terjadi karena sebuah alasan.”

“Saya mengalami sejumlah kekalahan pahit di Olimpiade dan sejumlah turnamen besar dalam karier saya. Saya tahu bahwa kekalahan itu biasanya akan membuat saya lebih kuat di setiap aspek. Saya tahu bahwa saya akan kembali bangkit.”

“Saya merasa menyesal untuk Nina, karena kami tidak berjuang demi medali di nomor ganda campuran, tetapi tubuh saya mengatakan, ‘Cukup’. Saya bermain setelah mengkonsumsi obat dengan rasa sakit yang tidak normal serta kelelahan. Hati saya berada di tempat yang tepat, karena saya tahu bahwa saya mengerahkan semua kemampuan saya.”

Melihat ke masa depan, petenis berkebangsaan Serbia masih berharap untuk memenangkan medali emas meskipun ia akan berusia 37 tahun di Olimpiade Paris 2024.

“Saya akan terus berusaha untuk Olimpiade di Paris. Saya akan berjuang demi negara saya untuk memenangkan medali. Saya sangat menyesal bahwa saya mengecewakan banyak dari penggemar di negara saya, tetapi inilah olahraga. Saya telah mengerahkan semua kemampuan saya, semua yang tersisa, tetapi tidak begitu banyak.”

Meskipun begitu, petenis peringkat 1 dunia masih berpeluang untuk menyapu bersih gelar Grand Slam jika ia memenangkan US Open. Belum ada petenis putra yang berhasil mencapai hal tersebut sejak Rod Laver pada musim 1969.

Djokovic kini akan fokus untuk memulihkan diri sebelum kembali berkompetisi pada akhir Agustus.

“Konsekuensi secara fisik saya harap tidak akan menciptakan kendala bagi saya untuk US Open,” tukas Djokovic.

“Itu hal yang belum bisa saya pastikan saat ini, tetapi saya tidak menyesal telah mengerahkan semua kemampuan karena ketika anda bermain demi negara anda, itu hal yang perlu anda lakukan.”

Artikel Tag: Tenis, olimpiade tokyo, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/pulang-tanpa-medali-olimpiade-ini-reaksi-novak-djokovic-jelang-us-open
723  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini