Pihak WTA Tangguhkan Semua Turnamen, Setidaknya Sampai Mei

Penulis: Dian Megane
Senin 16 Mar 2020, 23:18 WIB
Pihak WTA Tangguhkan Semua Turnamen, Setidaknya Sampai Mei

Venue Stuttgart Open

Berita Tenis: Pihak WTA menyatakan bahwa mereka akan mengambil keputusan tentang keberlangsungan musim clay-court di Eropa dalam beberapa hari ke depan setelah mereka memutuskan untuk menangguhkan semua turnamen, setidaknya sampai pekan pertama bulan Mei.

Semua turnamen olahraga profesional telah dibatalkan akibat pandemik COVID-19. Turnamen di Charleston, Stuttgart, Istanbul, dan Praha secara resmi telah dibatalkan. Itu artinya, banyak petenis putri top dunia akan melalui setidaknya tujuh pekan tanpa melakoni pertandingan kompetitif.

“Akibat virus corona yang semakin merajalela di seluruh penjuru dunia, turnamen WTA di Stuttgart, Istanbul, dan Praha tidak akan digelar sesuai jadwal. Kami nenyesal hal ini harus terjadi kepada semua penggemar kami yang setia, para petenis, sponsor, dan mereka semua yang mendukung turnamen tenis profesional putri,” ungkap pihak WTA pada hari Senin (16/03) waktu setempat.

“Untuk saat ini, turnamen WTA akan ditangguhkan sampai 2 Mei. Kami akan mengambil keputusan dalam satu pekan ini tentang musim clay-court di Eropa selanjutnya dan akan terus memonitor situasi ini dengan cermat serta dampaknya terhadap musim 2020.”

Keputusan tersebut diambil beberapa hari setelah pihak ATP dan ITF menangguhkan semua turnamen sampai pekan terakhir April. Meski hal tersebut bisa diperpanjang di masa yang akan datang, tergantung pandemik virus corona yang menyerang Eropa.

Beberapa pihak mengkritik keputusan WTA akan krisis yang tengah berlangsung. Semua turnamen yang secara resmi telah dibatalkan hari ini (16/03), telah dikonfirmasi sebelumnya oleh pihak lokal sebelum muncul keputusan WTA.

Misalnya, surat kabar Jerman, Bild telah memberitakan beberapa hari yang lalu bahwa turnamen di Stuttgart tidak akan digelar setelah krisis yang sedang terjadi oleh walikota setempat. Tetapi pihak WTA bersikeras bahwa mereka membutuhkan waktu untuk melihat gambaran penuh sebelum mengambil keputusan.

Setelah tujuh pekan, turnamen selanjutnya di jadwal adalah Madrid Open, turnamen yang memperebutkan nomor putra maupun putri, yang akan dimulai pada 4 Mei mendatang. Meski digelarnya turnamen tersebut juga sangat diragukan.

Menteri kesehatan Spanyol telah mengkonfirmasi pada hari Senin (16/03) waktu setempat, muncul 1.000 kasus baru yang terpapar virus corona dalam 24 jam terakhir, sehingga total ada 8.744 kasus di Spanyol, 4.665 di antaranya terjadi di Madrid.

Artikel Tag: Tenis, Stuttgart Open, Madrid Open

364  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini