Pensiun Dari Dunia Tenis Tak Buat Rafael Nadal Merasa Takut

Penulis: Dian Megane
Jumat 23 Okt 2020, 21:04 WIB
Rafael Nadal belum berencana untuk pensiun dari dunia tenis

Rafael Nadal ketika beraksi di French Open 2020

Berita Tenis: Rafael Nadal belum berencana untuk pensiun dari dunia tenis dalam waktu dekat, tetapi ia mengakui bahwa ia tidak merasa takuk ketika ia harus melakukannya.

Petenis berusia 34 tahun baru-baru ini menambah koleksi gelar Grand Slam ketika ia memenangkan gelar French Open ke-13 dalam kariernya usai mengalahkan Novak Djokovic dengan tiga set langsung.

Pencapaian terakhir tersebut membuat petenis berkebangsaan Spanyol menyamai pencapaian Roger Federer sebagai petenis putra yang memenangkan gelar Grand Slam nomor tunggal terbanyak dengan mengantongi 20 gelar Grand Slam. Secara keseluruhan, petenis berkebangsaan Spanyol telah memenangkan 86 gelar.

Petenis peringkat 2 dunia saat ini merupakan petenis tertua kedua yang berada di peringkat 10 besar setelah Federer. Menuju akhir kariernya, pertanyaan tidak terelakkan yang pada akhirnya akan muncul adalah kapan ia akan pensiun dari dunia tenis.

Kepada harian El Periodico de Catalunya, petenis peringkat 2 dunia menyatakan bahwa mustahil baginya untuk mengatakan kapan ia akhirnya akan menggantungkan raket.

“Saya tidak bisa menebak kapan saya akan pensiun. Siapa yang tahu, hal itu mungkin akan terjadi dalam satu musim. Anda tidak bisa memprogram masa depan. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Mungkin sesuatu bisa terjadi yang bisa menurunkan motivasi terhadap hal yang saya lakukan. Tetapi saya berharap bukan itu yang terjadi,” jelas Nadal.

“Tentu untuk saat ini, saya belum melihatnya, tetapi anda harus selalu siap karena banyak hal yang berubah dengan sangat cepat.”

Petenis peringkat 2 dunia berjanji untuk terus bermain sampai hasratnya untuk dunia tenis menghilang. Selama bermusim-musim, ia telah mengalami sejumlah cedera, diantaranyaterjadi pada lutut, abdomen, dan pergelangan tangan.

“Saya tidak takut dengan hari itu dan saya tidak memikirkannya. Dalam benak saya, sangat jelas bahwa ketika waktu itu tiba, saya akan merasakannya, saya akan mengetahuinya, dan saya akan menyadarinya ketika saya tidak lagi merasakan hasrat yang membuat saya berlatih setiap paginya, target-target yang membuat saya ingin terus berkembang dan diperlukan agar tetap kompetitif. Ketika hal itu terjadi, maka saat itu akan menjadi waktu bagi saya untuk berhenti dan mulai melakukan hal yang sama pentingnya dengan tenis atau lebih,” papar Nadal.

Setelah tenis, Nadal mungkin akan memutuskan untuk mencoba bermain golf. Akhir pekan ini ia akan bermain di Balearic Championship di Mallorca. Baru-baru ini, ia juga bermain di V Hexagonal Circuit Test-Autovidal di Calvia.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Rafael Nadal, Roger Federer

1589  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini