Pelatih Daniil Medvedev Ungkapkan Rahasia Kesuksesan Kerja Sama Mereka

Penulis: Dian Megane
Senin 21 Des 2020, 17:02 WIB
Daniil Medvedev tutup musim 2020 dengan memenangkan ATP Finals

Daniil Medvedev ketika menjadi juara ATP Finals 2020

Berita Tenis: Di balik setiap kesuksesan seorang atlet adalah keberadaan seorang pelatih yang bekerja sangat keras demi mendapatkan kesempurnaan, tidak terkecuali bagi Daniil Medvedev.

Di dunia tenis, para pelatih memegang peran penting dalam membentuk petenis dan mengimplementasikan teknik baru yang sesuai dengan gaya permainan sang petenis. Petenis berkebangsaan Rusia, Medvedev harus mempertimbangkan dirinya sebagai petenis yang beruntung setelah mendapatkan sosok yang tepat untuk membimbingnya menapaki karier di dunia tenis.

Juara ATP Finals musim 2020 telah dilatih oleh Gilles Cervara sejak musim 2017 dan hasil kerja sama mereka telah menjadi hasil yang fenomenal. Cervara pastinya telah mengembangkan permainan petenis berkebangsaan Rusia sejak ia melatihnya. Sebagian dari kesuksesan tersebut juga bisa dikaitkan dengan merelokasi juara ATP Finals musim 2020 dari Rusia ke Perancis.

Cervara membuat petenis peringkat 4 dunia pindah ke Perancis demi mendapatkan pencerahan lebih baik di bawah bimbingannya. Cervara menjalankan sebuah akademi, Elite Tennis Centre di Cannes dan petenis peringkat 4 dunia telah bermain dengan sangat apik sejak menggabungkan kekuatan dengan Cervara.

Petenis yang kalah dari Rafael Nadal di final US Open musim 2019 mungkin merupakan petenis yang paling banyak berkembang dalam tiga musim terakhir. Ia telah memenangkan sembilan gelar sampai saat ini dan dua di antaranya ia menangkan pada musim 2020.

Meski jumlah gelar yang ia menangkan jauh lebih sedikit daripada musim 2019, petenis berusia 24 tahun berhasil memenangkan turnamen akhir musim yang prestisius, ATP Finals sehingga menutup musim 2020 dengan cara yang spektakuler.

“Ada begitu banyak poin untuk menjelaskan kenapa kerja sama telah menjadi kesuksesan. Saya bisa mengatakan, poin utamanya adalah hubungan baik di antara kami berdua. Hubungan itu merupakan kombinasi dari banyak hal. Saya pikir saya memahami Daniil, cara ia berpikir, dan bekerja,” jelas Cervara ketika ditanya tentang rahasia di balik kesuksesan mereka.

Cervara telah memenangkan penghargaan ATP Coach of the Year pada musim 2019 dan ia kembali dinominasikan untuk hal yang sama pada musim 2020. Ia bisa mencatatkan sejarah dengan memenangkannya pada musim 2020 dan menjadi pelatih pertama yang memenangkannya secara beruntun.

Cervara memberi banyak kebebasan bagi runner up US Open musim 2019 yang membantunya mendapatkan kembali kepercayaan diri dan mengeluarkan bakatnya di lapangan. Tugas pelatih adalah mengidentifikasi hal yang memotivasi petenis dan mengaplikasikan metode sampai mereka menemukan kesuksesan.

“Saya pikir hubungan kami adalah hubungan baik yang bisa membuatnya berada dalam level optimalnya di sepanjang waktu. Menemukan jalan terbaik yang bisa ia lakukan, jalan terbaik baginya untuk bermain, dan menempatkannya dalam kondisi terbaik untuk membuktikan kualitasnya, saya pikir itu bagian tugas melatih saya untuk membuatnya sukses,” jelas Cervara.

Petenis yang mengalahkan Dominic Thiem di final ATP Finals, telah bertransformasi menjadi petenis yang fenomenal dan Cervara layak mendapatkan pujian akan hal tersebut. Ia menjadi salah satu petenis yang tidak mudah dikalahkan dan semua pihak telah menyaksikan keajaibannya di lapangan.

Memenangkan gelar Grand Slam tentunya akan menjadi prioritas utama Medvedev pada musim 2021. Ia telah melaju ke final US Open musim 2019, yang menjadi pencapaian terbaiknya di Grand Slam sampai saat ini.

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, US Open, Daniil Medvedev

1015  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini