Novak Djokovic Masuk Daftar Australian Open Di Tengah-Tengah Keraguan Ini

Penulis: Dian Megane
Rabu 08 Des 2021, 21:36 WIB
Novak Djokovic tetap terdaftar di Australian Open 2022 meski status vaksin belum jelas

Novak Djokovic

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Nama Novak Djokovic telah dimasukkan dalam daftar petenis yang akan berkompetisi di Australian Open musim 2022 terlepas dari ketidakpastian apakah ia sudah divaksin atau belum.

Australian Open musim 2022 tampaknya akan diramaikan oleh salah satu nama terbesar di dunia tenis setelah nama petenis berkebangsaan Serbia disebut dalam daftar petenis yang akan berkompetisi di Grand Slam tersebut. Hal tersebut mencuat setelah spekulasi berpekan-pekan tentang apakah petenis peringkat 1 dunia telah divaksin, hal yang telah ditetapkan sebagai persyaratan bagi para petenis yang ingin berkompetisi di Australian Open.

Djokovic telah memenangkan Australian Open dalam sembilan kesempatan dan berkompetisi di setiap edisi Grand Slam tersebut sejak ia debut pada musim 2005. Ia memenangkan Grand Slam tersebut lebih banyak dibandingkan petenis putra lain.

Petenis berusia 34 tahun telah menjadi pihak yang cukup vokal dalam menyuarakan pertentangannya terhadap kewajiban vaksin COVID-19 dan bulan lalu menyatakan bahwa kebebasan untuk memilih adalah penting bagi setiap orang.

Hal tersebut membangkitkan kekhawatiran bahwa petenis yang telah mengantongi 20 gelar Grand Slam akan melewatkan peluang untuk mempertahankan gelar di Melbourne pada Januari mendatang, termasuk setelah keluar komentar dari ayahnya, Srdjan yang menyatakan bahwa anak laki-lakinya mungkin tidak akan bermain di Australia jika vaksin adalah kewajiban.

Namun dengan masuknya Djokovic ke daftar petenis mencuatkan pertimbangan bahwa pengecualian dibuat untuk para petenis elit yang mungkin diizinkan mengambil bagian berkat celah dalam sistem yang mereka tetapkan.

Sementara itu, pihak penyelenggara ATP Cup telah mengkonfirmasi bahwa petenis perignkat 1 dunia akan menjadi bagian dari tim Serbia yang akan tampil di ATP Cup musim 2022, ajang tenis beregu putra yang akan digelar di Sydney, New South Wales pada awal Januari.

Diusulkan bahwa ia kemudian dapat mengajukan pengecualian medis bagi petenis yang belum divaksin dan pergi ke Victoria yang beribukota di Melbourne dengan Australian Open dijadwalkan akan digelar pada 17 Januari.

“Sudut pandang saya akan hal ini benar-benar jelas dan sederhana,” ungkap James Merlino, deputy premier Victoria.

“Semua menantikan Australian Open dan semua orang yang hadir – penonton, petenis, pihak penyelenggara, staf – semua orang diharapkan sepenuhnya telah divaksin.”

“Itu peraturannya. Pengecualian medis bukan celah untuk petenis yang diistimewakan. Hal tersebut merupakan syarat pengecualian jika anda memiliki kondisi medis yang akut.”

Pihak penyelenggara Grand Slam di Melbourne, Tennis Australia juga membela diri dari tuduhan tersebut dan menolak bahwa pengecualian medis digunakan para petenis terbaik demi berkompetisi meski belum divaksin.

Dengan asumsi bahwa Djokovic belum divaksin, bisa dipahami bahwa ia harus tiba di Sydney pada 16 Desember demi menjalani karantina selama 14 hari dan bersiap untuk ATP Cup pada 1 Januari.

Artikel Tag: Tenis, australian open, ATP Cup, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-masuk-daftar-australian-open-di-tengah-tengah-keraguan-ini
608  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini