Novak Djokovic Lengkapi Line-up Semifinal ATP Finals 2020

Penulis: Dian Megane
Sabtu 21 Nov 2020, 09:18 WIB
Novak Djokovic catatkan 2-1 di fase grup ATP Finals 2020

Novak Djokovic lolos ke semifinal ATP Finals untuk kali kesembilan

Berita Tenis: Novak Djokovic melaju ke semifinal kesembilan di ATP Finals usai menumbangkan Alexander Zverev dengan 6-3, 7-6 di laga terakhir fase grup.

Pada laga ulang partai puncak ATP Finals musim 2018, petenis peringkat 1 dunia mengamankan ketiga break point yang ia hadapi untuk membalaskan kekalahan dari Zverev di final tersebut dan mengklaim kemenangan ke-41 (41-4) pada musim ini.

Petenis berkebangsaan Serbia mengakhiri Grup Tokyo 1970 dengan 2-1 dan berada di posisi kedua setelah Daniil Medvedev. Di semifinal, ia akan berhadapan dengan petenis yang memuncaki Grup London 2020, Dominic Thiem, sementara Medvedev akan bertemu Rafael Nadal di semifinal lainnya.

Berkat kemenangan tersebut, harapan juara Australian Open musim 2020 tetap hidup untuk mencatatkan prestasi lainnya. Ia telah menyamai prestasi Pete Sampras dengan mengakhiri musim ini sebagai petenis peringkat 1 dunia untuk kali keenam. Kini, ia mengincar untuk menyamai rekor Roger Federer yang telah memenangkan ATP Finals sebanyak enam kali.

Selain itu, petenis berusia 33 tahun memperpanjang daftar impresif dari kemenangan babak tiebreak pada musim ini. Dengan memenangkan babak tiebreak melawan Zverev di ATP Finals kali ini, ia mencatatkan keberhasilan 15-1 di babak tiebreak. Kekalahannya di babak tiebreak terjadi ketika ia melawan Kyle Edmund di US Open.

“Saya merasa luar biasa. Di awal set pertama, ia mendapatkan beberapa peluang break point. Saya mampu servis dengan baik di momen-momen pentin dan kebalikan dari pertandingan terakhir melawan Daniil. Saya berhasil menemukan pukulan yang tepat di saat yang tepat,” jelas Djokovic.

“Sascha (Zverev), saya sangat menghormatinya. Ia petenis hebat dan memiliki servis yang bertenaga. Tentu tidak mudah mengembalikan servis pertama dengan kecepatan 225 km/jam.”

Runner up French Open musim 2020 mengawali pertandingan dengan cukup cepat, setelah ia menguasai lapangan dengan baik dan memanfaatkan kesalahan Zverev demi menyambar 3-0. Ia servis dengan akurat demi mengamankan dua break point pada kedudukan 4-2 sebelum mengklaim set pertama.

Kedua petenis dipaksa satu sama lain untuk mengamankan break point di awal set kedua sebelum mereka meningkatkan level permainan dan memasuki babak tiebreak.

Petenis berkebangsaan Serbia mengantisipasi pengembalian Zverev dengan baik dan mengembalikan bola dengan akurat demi merebut keunggulan 6/4. Ia memperpanjang daftar kemenangan melawan Zverev menjadi 4-2 setelah pengembalian forehandnya masuk dan menyentuh garis.

Dengan kemenangan ke-41, Djokovic menyamai pencapaian Andrey Rublev yang musim ini juga mengantongi kemenangan ke-41. Petenis yang musim ini telah mengantongi empat gelar, juga akan berusaha menyamai prestasi Rublev yang musim ini mengklaim lima gelar.

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, Novak Djokovic, alexander zverev

698  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini