Novak Djokovic Jadi Putra Pertama Yang Torehkan Ini Di Tiga Grand Slam

Penulis: Dian Megane
Sabtu 09 Jul 2022, 19:00 WIB
Novak Djokovic jadi petenis putra pertama yang raih pencapaian ini di tiga Grand Slam

Novak Djokovic [image: getty images]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Novak Djokovic mengalahkan Cameron Norrie dengan empat set demi melenggang ke Wimbledon untuk kali kedelapan dalam kariernya sekaligus kali keempat secara beruntun.

Petenis unggulan pertama mengawali semifinal Wimbledon dengan sedikit lamban setelah ia kehilangan servisnya sebanyak tiga kali di set pertama. Tetapi ia menyusun kembali kekuatan dan merebut dua game selanjutnya dengan hanya kehilangan lima game saja. Di set keempat yang kembali berlangsung kompetitif, petenis berkebangsaan Serbia sukses memenangkannya.

Dalam prosesnya, petenis berusia 35 tahun menjadi putra pertama dalam sejarah tenis yang lolos ke final sebanyak delapan kali di tiga Grand Slam. Ia mencatatkan 9-0 di final Australian Open, 6-1 di Wimbledon, dan 3-6 di US Open. Ia juga melenggang ke final French Open sebanyak enam kali dan memenangkan dua di antaranya (2016 dan 2021).

Dengan lolos ke final Wimbledon musim 2022, petenis berkebangsaan Serbia menorehkan tonggak bersejarah lain. Ia menjadi petenis putra pertama yang melakoni 32 final Grand Slam, mematahkan rekor petenis berkebangsaan Swiss, Roger Federer.

Petenis unggulan pertama kini akan menantang petenis berkebangsaan Australia, Nick Kyrgios di partai puncak. Ia akan mengincar gelar Grand Slam ke-21 dalam karienya demi memperkecil jarak dengan Rafael Nadal yang kini telah mengantongi 22 gelar turnamen prestisius tersebut.

Kemenangan atas Kyrigos akan membuat juara bertahan menjadi petenis putra keempat di Open Era yang memenangkan empat gelar Wimbledon secara beruntun setelah Bjorn Borg, Pete Sampras, dan Federer. Ia juga akan menjadi petenis putra ketiga yang memenangkan gelar Grand Slam di London sebanyak tujuh kali, setelah Federer (8) dan Sampras (7).

“Saya menyadari apa yang dipertaruhkan. Setiap pertandingan, setiap Grand Slam yang saya lakoni di fase karier saya saat ini, taruhannya cukup tinggi. Saya tidak tahu berapa banyak peluang yang masih saya miliki untuk memenangkan gelar sebesar itu. Saya menghadapi final kali ini dengan perilaku positif, penuh percaya diri, dan keinginan untuk menang,” imbuh Djokovic.

Petenis peringkat 40 dunia, Kyrgios menjadi petenis dengan peringkat terendah yang akan Djokovic hadapi di final Grand Slam. Ia mencatatkan 3-0 melawan petenis yang pertama kali lolos ke final Grand Slam, jadi, petenis berkebangsaan Australia memiliki tugas yang cukup berat.

Menariknya, Kyrgios belum kehilangan satu set pun melawan petenis berkebangsaan Serbia pada dua pertemuan mereka sebelumnya musim 2017. Tetapi, banyak hal bisa berbeda di final Grand Slam, di mana petenis berkebangsaan Serbia seringkali masuk dengan performa tanpa ampun.

Artikel Tag: Tenis, wimbledon, Novak Djokovic, Nick kyrgios

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-jadi-putra-pertama-yang-torehkan-ini-di-tiga-grand-slam
1287  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini