Novak Djokovic Jadi Petenis Putra Kelima Yang Habiskan 700 Pekan Untuk Ini

Penulis: Dian Megane
Rabu 22 Sep 2021, 23:09 WIB
Novak Djokovic masuki pekan ke-700 sebagai petenis peringkat 10 besar

Novak Djokovic ketika tampil di US Open 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Serbia, Novak Djokovic berhasil mencapai pekan ke-700 sebagai petenis peringkat 10 besar pada awal pekan ini.

Dalam prosesnya, petenis peringkat 1 dunia menjadi petenis putra kelima yang menorehkan prestasi tersebut sejak poin peringkat pertama kali diperkenalkan pada 1973, bergabung dengan Roger Federer, Rafael Nadal, Jimmy Connors, dan Andre Agassi.

Sebagai petenis berusia 19 tahun, ia memasuki turnamen Masters 1000 di Indian Wells pada musim 2007 sebagai petenis peringkat 13 dunia. Ia berhasil melenggang ke final tanpa kehilangan satu set pun, tetapi kalah dua set langsung dari Rafael Nadal.

Ketika daftar peringkat dirilis setelah turnamen tersebut, petenis berkebangsaan Serbia naik tiga peringkat dan menembus peringkat 10 besar untuk kali pertama dalam kariernya.

Secara konsisten, petenis yang telah mengoleksi 20 gelar Grand Slam berada di peringkat 10 besar selama 555 pekan. Pada musim 2017, ia mengakhiri musimnya lebih dini setelah ia mundur dari pertengahan pertandingan melawan Tomas Berdych di Wimbledon. Pada 6 November musim yang sama, ia merosot sebanyak lima peringkat – dari peringkat 7 menjadi peringkat 12 – sehingga mematahkan pekan beruntunnya sebagai petenis perignakt 10 besar.

Tepat satu musim setelah pertandingan melawan Berdych, petenis yang musim ini memenangkan tiga gelar Grand Slam pertama kembali ke Wimbledon sebagai petenis peringkat 17 dunia dan memenangkan Grand Slam tersebut.

Dalam prosesnya, runner up US Open musim 2021, Djokovic naik tujuh peringkat dan kembali memasuki peringkat 10 besar pada 16 Juli 2018. Sejak saat itu, ia berhasil bertahan di posisi elit tersebut.

Petenis berusia 34 tahun, Djokovic saat ini masih bertengger di posisi puncak dunia tenis putra dan diperkirakan masih akan terus berada di peringkat 10 besar dalam beberapa bulan ke depan. Bahkan jika ia melewatkan setiap turnamen sampai French Open musim depan, ia hampir dipastikan masih menghuni peringkat 10 besar jika terlempar dari petenis peringkat 5 besar.

Sementara itu, Roger Federer memuncaki posisi pertama dari pencapaian tersebut dengan menjadi petenis peringkat 10 besar selama 965 pekan, sedangkan Rafael Nadal berada di posisi kedua dengan 835 pekan. Kedua petenis saat ini masih berada di peringkat 10 besar, sehingga mereka semakin memperpanjang rekor mereka sebagai petenis terlama yang berada di peringkat prestisius tersebut.

Artikel Tag: Tenis, wimbledon, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-jadi-petenis-putra-kelima-yang-habiskan-700-pekan-untuk-ini
1572  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini