Novak Djokovic Harus Buktikan Pengecualian Atau Pulang, Klaim Sosok Ini

Penulis: Dian Megane
Rabu 05 Jan 2022, 17:22 WIB
Novak Djokovic harus buktikan pengecualian medis, ungkap Scott Morrison

Novak Djokovic

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Novak Djokovic harus membuktikan bahwa ia memiliki pengecualian medis dari vaksin COVID-19 ketika ia datang ke Australia atau ia akan “berada di pesawat selanjutnya untuk pulang”, klaim perdana menteri Australia, Scott Morrison.

Pada hari Selasa (4/1) petenis peringkat 1 dunia telah menyatakan bahwa ia menerima pengecualian untuk bertanding di Australian Open, Melbourne dan menyatakan bahwa ia menuju Australia.

Tennis Australia dan pihak pemerintah negara bagian Victoria mengungkapkan bahwa Djokovic merupakan salah satu dari “segelintir’ pelamar yang berhasil di antara 26 orang yang mencari pengecualian, tetapi belum menerima perlakuan khusus dalam proses aplikasi anonym.

“Kami menantikan presentasinya dan bukti apa yang ia sediakan kepada kami untuk mendukung hal itu,” ungkap Morrison.

“Jika bukti itu tidak cukup, maka ia tidak akan diperlakukan berbeda dengan orang lain dan ia akan berada di pesawat selanjutnya untuk pulang. Seharusnya tidak ada aturan khusus bagi Novak Djokovic. Tidak ada sama sekali.”

Keputusan untuk mengabulkan permohonan petenis peringkat 1 dunia untuk mendapatkan pengecualian agar bisa berkompetisi di Australian Open memicu kritik tajam di Australia, di mana lebih dari 90 persen warga negaranya telah mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19.

Melbourne menerapkan masa lockdown terpanjang di dunia demi menahan penyebaran COVID-19 dan wabah varian Omicron telah meningkatkan jumlah kasus yang cukup signifikan.

“Saya pikir banyak orang di Victoria akan memahamni bahwa itu akan menjadi hal yang mengecewakan,” ungkap menteri olahraga Victoria, Jaala Pulford tentang pengecualian terhadap petenis berkebangsaan Serbia.

“Tetapi proses adalah proses. Tidak ada seorang upun yang mendapatkan perlakuan istimewa. Prosesnya sangat kuat.”

CEO Tennis Australia, Craig Tiley menyatakan dua proses pengajuan bersifat rahasia dan dijalankan oleh ahli yang independen. Semua pengajuan dipertimbangkan untuk memastikan semua pengecualian sesuai dengan kondisi yang ditetapkan Australian Technical Advisory Group on Immunisation.

“Kami sepenuhnya memahami dan berempati dengan orang-orang yang kesal tentang fakta bahwa Novak datang karena pernyataannya dalam beberapa waktu terakhir terkait vaksin,” ungkap Tiley.

“Tetapi semuanya terserah dirinya untuk mendiskusikan dengan publik tentang kondisinya, jika ia memilih untuk melakukannya dan alasan mengapa ia menerima pengecualian.”

“Kami membuat semuanya ekstra sulit bagi siapapun yang mengajukan hal itu demi memastikan bahwa itu merupakan proses yang tepat dan memastikan ahli medis menanganinya secara independen.”

“Tidak ada permintaan istimewa atau peluang istimewa untuk mengabulkan hal itu kepada Novak Djokovic atau petenis manapun. Ada proses yang melampaui proses normal untuk semua orang.”

Artikel Tag: Tenis, australian open, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-harus-buktikan-pengecualian-atau-pulang-klaim-sosok-ini
372  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini