Novak Djokovic Didiskualifikasi Di US Open, Ini Petenis Yang Bernasib Sama

Penulis: Dian Megane
Selasa 08 Sep 2020, 21:52 WIB
Novak Djokovic didiskualifikasi dari US Open 2020

Novak Djokovic menghampiri hakim garis yang terkena pukulan bolanya

Berita Tenis: Perjalanan petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic di US Open musim 2020 akan menjadi salah satu momen yang tidak akan terlupakan.

6 September lalu bukan hari yang menakjubkan bagi dunia tenis. Melakoni babak keempat US Open, Novak Djokovic yang merasa marah setelah kehilangan satu peluang break pointnya, memukul bola dengan keras yang secara tidak sengaja mengenai bagian tubuh dari hakim garis yang ada di belakang lapangan.

Akibat aksi tersebut, Djokovic didiskualifikasi dari US Open musim ini dan ia bergabung dengan sejumlah petenis yang juga bernasib sama.

Mari kita lihat sejumlah petenis yang menghadapi situasi tidak menguntungkan tersebut pada musim-musim sebelumnya.

Denis Shapovalov

Karena Shapovalov masih begitu muda, banyak orang mungkin merasa terkejut ketika ia didiskualifikasi dari sebuah pertandingan. Sayangnya, hal tersebut terjadi pada musim 2017 di Davis Cup ketika ia bertanding melawan Kyle Edmund.

Shapovalov tertinggal dua set dan merasa frustasi. Ia memukul bola dengan keras yang tidak sengaja mengenai mata dari wasit yang duduk. Pertandingan tersebut berakhir di sana dan Shapovalov didenda sebesar 7.000 dolar AS.

David Nalbandian

Nalbandian menghadapi Marin Cilic di Queen’s Club musim 2012. Ia memenangkan set pertama, tetapi sayangnya ia dipatahkan di set kedua. Hal tersebut membuat petenis berkebangsaan Argentina geram dan ia menendang papan iklan yang tepat mengenai tulang kering hakim garis.

Hakim garis tersebut mengalami luka yang sangat parah dan itu adalah akhir dari perjalanan Nalbandian di Queen’s Club saat itu.

Nick Kyrgios

Nama di atas adalah nama yang banyak penggemar tenis perkirakan masuk ke dalam daftar ini karena Kyrgios telah membuat dirinya terlibat banyak kontroversi di sepanjang kariernya. Tetapi, ada momen ketika ia membawa hal tersebut ke level lebih tinggi, yakni di Italian Open muism 2019.

Kyrgios menghadapi Casper Ruud dan di babak ketiga wasit memberinya penalti game. Dipenuhi amarah, Kyrgios melempar sebuah kursi dan keluar dari lapangan, sehingga memberikan kemenangan langsung kepada Ruud.

Tim Henman dan Jerry Bates

Di Wimbledon musim 1995, Henman melakoni nomor ganda bersama Bates. Mereka berada di tengah-tengah babak tiebreak ketika Henman kehilangan satu poin dan menjadi marah. Dalam kemarahannya, ia memukul bola dengan keras dan sayangnya mengenai telinga dari ball girl.

Kedua petenis langsung didiskualifikasi, tetapi pada hari berikutnya Henman mempersembahkan karangan bunga kepada ball girl tersebut.

Irina Spirlea

Petenis berkebangsaan Rumania, Spirlea tengah bertanding melawan Stephanie De Ville di Palermo Open. Selama pertandingan, ia secara verbal menghina seorang pihak ofisial, sebuah aksi yang dinilai tidak terpuji oleh pihak ofisial pertandingan. Ia langsung didiskualifikasi dan ia menjadi petenis putri pertama yang didiskualifikasi dari sebuah pertandingan.

Anastasia Rodionova

Pada pertandingan melawan Angelique Kerber, Rodionova memukul bola ke arah penonton yang menyemangati Kerber. Ia langsung didiskualifikasi dan ia tidak bisa mempercayainya.

Andre Agassi

Salah satu petenis terhebat, Agassi memiliki kenangan sangat buruk di RCA Championships. Ia tengah bertanding melawan Daniel Nestor ketika ia dipatahkan di set kedua. Dengan penuh amarah, ia memukul bola ke arah penonton, aksi yang membuatnya menerima penalti poin.

Hal tersebut memicu argumen antara dirinya dan wasit di mana petenis AS tersebut mengeluarkan kata-kata yang cukup kasar. Setelah berdiskusi, ia pun didiskualifikasi.

John McEnroe

Terakhir tetapi tidak kalah penting adalah legenda tenis, McEnroe. Di Australian Open musim 1990, mantan petenis AS tersebut membantingkan raketnya setelah melakukan beberapa kesalahan dengan forehandnya. Hal tersebut membuat ia mendapatkan penalti poin karena merusak raket dan tidak bisa mengontrol amarahnya. Ia lalu menggunakan beberapa kata kasar dan semua orang bisa mendengarnya.

Wasit tidak bisa mentolerir hal tersebut dan ia didiskualifikasi dari pertandingan tersebut.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Novak Djokovic, Denis Shapovalov, Nick kyrgios

618  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini