Novak Djokovic Dideportasi, Sejumlah Petenis Suarakan Pandangannya

Penulis: Dian Megane
Minggu 16 Jan 2022, 21:46 WIB
Ini pandangan sejumlah petenis terkait deportasi Novak Djokovic

Novak Djokovic

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Novak Djokovic akan dideportasi dari Australia setelah pengadilan federal memperkuat keputusan menteri imigrasi, Alex Hawke untuk membatalkan visa sang petenis.

Petenis peringkat 1 dunia telah mengumumkan bahwa ia tidak berniat untuk kembali mengajukan banding atas keputusan tersebut, tetapi ia merasa sangat kecewa dengan keputusan tersebut.

Konsekuensinya, petenis berkebangsaan Serbia tidak akan mendapatkan kesempatan untuk mempertahankan gelar Australian Open. Posisi yang ia tinggalkan di Australian Open telah diisi oleh lucky loser asal Italia, Salvatore Caruso.

Secara alami, berita tersebut menjadi kejutan besar bagi komunitas tenis di Twitter, dengan beberapa pihak merayakannya dan pihak lain berkomentar dengan amarah.

Alize Cornet, Nick Kyrgios, dan Vasek Pospisil adalah beberapa petenis yang menyuarakan dukungan mereka terhadap petenis peringkat 1 dunia. Sementara Reilly Opelka mengingkatkan penggemar bahwa petenis peringkat 1 dunia, terlepas dari semua kontroversinya, adalah individu yang mengagumkan.

Petenis berkebangsaan Perancis, Cornet menjadi salah satu dari petenis pertama yang memberikan dukungan kepada petenis berkebangsaan Serbia. Meski mengakui bahwa ia tidak mengetahui keseluruhan kontroversi visa tersebut, ia menunjukkan bagaimana tidak ada satu orang rekan pun yang mendukungnya terlepas semua hal yang telah ia lakukan kepada rekan sesama petenis.

“Saya hanya mengetahui sedikit untuk menilai situasi itu. Hal yang saya ketahui adalah Novak selalu menjadi pihak pertama yang mendukung para petenis. Tetapi tidak ada satu pun dari kami yang mendukungnya. Tetap kuat @DjokerNole,” tulis Cornet.

Teman baik Djokovic dan rekan sesama di PTPA, Pospisil berargumen bahwa deportasi petenis berkebangsaan Serbia merupakan konspirasi politik. Tetapi, ia salah mengartikan fakta dalam ciutannya. Putusan Hakim Kelly sepenuhnya didasarkan pada keadilan prosedural dan bukan pada berita acara kasus itu sendiri.

“Novak tidak akan pernah pergi ke Australia jika ia tidak diberikan pengecualian medis untuk memasuki negara itu oleh pemerintah (yang memang ia terima; karenanya keputusan awal Hakim Kelly). Ia akan melewatkan Australian Open dan berada di rumah bersama keluarganya dan tidak ada seorang pun yang akan membicarakan kekacauan ini. Ada agenda politik yang bermain dengan pemilihan yang akan datang. Ini bukan kesalahannya. Ia tidak memaksakan jalannya untuk memasuki negara itu dan tidak bermain dengan aturannya sendiri. Ia siap untuk tinggal di rumah,” tulis Pospisil.

Petenis tuan rumah, Kyrgios juga mengekspresikan kekecewaan atas keputusan deportasi petenis berkebangsaan Serbia.

Sementara petenis peringkat 161 dunia, Damir Dzumhur membagikan pandangannya melalui Instagram Story.

“Tidak ada seorang pun yang pantas diperlakukan seperti itu dan terutama terhadap seseorang yang mendukung semua petenis seperti yang Novak lakukan! Dukungan untuk pria yang hebat di atas dan di luar lapangan @djokernole,” tulis Dzumhur.

Artikel Tag: Tenis, Novak Djokovic, Alize Cornet, Vasek Pospisil

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-dideportasi-sejumlah-petenis-suarakan-pandangannya
3931  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini