Novak Djokovic Cetak Sejarah Usai Lampaui Rekor Roger Federer Ini

Penulis: Dian Megane
Senin 08 Mar 2021, 11:43 WIB
Novak Djokovic [kiri] memasuki pekan ke-311 sebagai petenis peringkat 1 dunia

Novak Djokovic [kiri] dan Roger Federer [kanan] usai lakoni semifinal Australian Open musim 2019

Berita Tenis: Novak Djokovic akhirnya berhasil melampaui rekor Roger Federer sebagai petenis yang yang menghabiskan pekan paling banyak sebagai petenis peringkat 1 dunia.

Petenis berkebangsaan Serbia mengawali pekan ke-311 sebagai petenis peringkat 1 dunia pada 8 Maret 2021. Pencapaian tersebut melampaui pencapaian Federer yang menghabiskan 310 pekan sebagai petenis peringkat 1 dunia.

Kesuksesan petenis yang telah memenangkan 18 gelar Grand Slam bisa dihubungkan dengan banyak hal. Ia telah tampil konsisten sejak pulih dari cedera pada musim 2018. Ia kembali menjadi petenis peringkat 1 dunia sejak 2 Februari 2020. Meskipun ada sejumlah halangan dan cedera yang menghantam, ia tetap melangkah maju.

Sementara Federer terakhir kali menjadi petenis peringkat 1 dunia pada musim 2018 setelah memenangkan Rotterdam Open. Ia menghuni peringkat prestisius tersebut selama dua pekan sebelum digantikan Rafael Nadal. Sejak saat itu, Baik Djokovic mau pun Nadal mengukuhkan diri sebagai petenis peringkat 2 besar.

Djokovic saat ini telah mengantongi lebih dari 12.000 poin dari petenis yang peringkatnya terdekat dengan dirinya, yakni Nadal dan Daniil Medvedev yang mendekati 10.000 poin.

Juara Australian Open musim 2021 tidak akan kehilangan banyak poin dalam beberapa pekan ke depan. Pertandingan besar selanjutnya yang akan digelar dalam waktu dekat adalah turnamen ATP level 1000, Miami Open. Di Miami Open, petenis berkebangsaan Serbia bisa mendapatkan banyak poin demi memperbesar selisih poin peringkat dengan petenis yang ada di bawahnya.

Juara Australian Open dalam tiga musim terakhir telah mengambil keputusan dengan cerdas dalam pemilihan turnamen. Musim lalu ketika peringkat ATP dibekukan, ia memutuskan untuk tidak mempertahankan gelar Paris Masters dan memilih turun di Viennna Open. Di Vienna Open, ia memenangkan 90 poin sebelum menjadi petenis peringkat 1 dunia akhir musim untuk kali keenam.

Setelah Djokovic mematahkan rekor tersebut, target selanjutnya adalah mematahkan gelar Grand Slam. Saat ini ia terpaut dua gelar Grand Slam dengan koleksi gelar Federer dan Nadal yang telah mencapai 20 gelar Grand Slam. Dengan performa dan kegigihan yang ia perlihatkan di Australian Open musim 2021, ia berpeluang melampauinya dalam beberapa musim ke depan.

Akankah Djokovic mencapai 400 pekan sebagai petenis peringkat 1 dunia atau mengklaim 20 gelar Grand Slam?

Artikel Tag: Tenis, australian open, Novak Djokovic, Roger Federer, Rafael Nadal

791  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini