Novak Djokovic Awali Pekan Ke-339 Sebagai Petenis Peringkat 1 Dunia

Penulis: Dian Megane
Senin 20 Sep 2021, 22:52 WIB
Novak Djokovic kukuhkan diri sebagai petenis peringkat 1 untuk pekan ke-339

Novak Djokovic ketika menjadi runner up US Open 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Novak Djokovic dan Ashleigh Barty masih menghuni posisi puncak dan bergerak lebih dekat untuk mencatatkan tonggak bersejarah baru dalam beberapa pekan ke depan.

Namun, bagi juara Australian Open musim 2021, Naomi Osaka, perjuangan di atas lapangan baru-baru ini telah diterjemahkan sebagai salah satu faktor penurunan peringkatnya.

Petenis berkebangsaan Serbia kalah dari petenis berkebangsaan Rusia, Daniil Medvedev di final US Open musim ini dan ia masih belum yakin tentang jadwalnya untuk sisa musim 2021. Meskipun begitu, pekan ini ia mengawali pekan ke-339 sebagai petenis peringkat 1 dunia karena poin tinggi yang berhasil ia kumpulkan.

Djokovic kini hanya terpaut 39 pekan lagi untuk memecahkan rekor sebagai petenis, baik putra maupun putri, yang menghabiskan pekan paling banyak sebagai petenis peringkat 1 dunia yang saat ini dipegang Steffi Graf (377 pekan). Ia telah memegang rekor tersebut di dunia tenis putra ketika mematahkan rekor Roger Federer (310 pekan) awal musim ini.

Sementara juara US Open musim 2021, Medvedev tetap berada di peringkat 2 dunia. Ia memiliki peluang untuk mengakhiri musim ini sebagai petenis peringkat 1 dunia.

Dengan laga kualifikasi Davis Cup digelar pada pekan lalu, tidak ada turnamen ATP yang digelar. Sebagai akibatnya, tidak ada perubahan di peringkat 30 besar.

Djokovic dan Medvedev diikuti oleh Stefanos Tsitsipas, Alexander Zverev, Andrey Rublev, Rafael Nadal, Matteo Berrettini, Dominic Thiem, Roger Federer, dan Casper Ruud.

Di peringkat yang lebih rendah, Benjamin Bonzi naik 15 peringkat dan menghuni peringkat tertinggi dalam kariernya sampai saat ini di peringkat 61 dunia. Petenis berkebangsaan Perancis berhasil memenangkan gelar ajang Challenger keenam pada musim ini (gelar ketiga secara beruntun) di Rennes akhir pekan lalu.

Sementara itu, pekan ini Barty mengawali pekan ke-59 pekan secara beruntun sekaligus pekan ke-94 secara keseluruhan sebagai petenis peringkat 1 dunia. Ia berada di posisi kesembilan sebagai petenis putri yang paling lama menghuni peringkat 1 dunia dan tampak meyakinkan untuk melampaui Lindsay Davenport yang menghabiskan 98 pekan sebagai petenis peringkat 1 dunia.

Di bawah Barty ada Aryna Sabalenka, Karolina Pliskova, dan Elina Svitolina. Sementara juara French Open musim 2021, Barbora Krejcikova naik ke peringkat 5 dunia dan juara French Open musim 2020, Iga Swiatek naik ke peringkat 6 dunia.

Sofia Kenin turun ke peringkat 7 dunia diikuti dengan Osaka setelah poin yang ia menangkan di US Open musim lalu gagal dipertahankan.

Seperti Djokovic, Osaka juga belum yakin tentang kapan ia akan kembali beraksi. Jika ia tidak berpartisipasi di Indian Wells bulan depan, ia bisa terlempar dari peringkat 10 besar.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Novak Djokovic, Ashleigh barty, Naomi Osaka, Daniil Medvedev

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-awali-pekan-ke-339-sebagai-petenis-peringkat-1-dunia
807  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini