Novak Djokovic Akui Roger Federer Lebih Baik Di Final Epik Ini

Penulis: Dian Megane
Selasa 12 Des 2023, 06:29 WIB
Novak Djokovic Mengaku Roger Federer Lebih Baik Di Final Epik Ini

Novak Djokovic [kiri] dan Roger Federer [kanan] di Wimbledon 2019 [image: AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Novak Djokovic mengatakan bahwa Roger Federer merupakan petenis yang jauh lebih baik di final epik Wimbledon musim 2019 yang dimenangkan petenis berkebangsaan Serbia.

Pertandingan tersebut dipertimbangkan oleh banyak pihak sebagai salah satu pertandingan terbaik dalam sejarah. Bertahan sampai 4 jam 57 menit, pertandingan tersebut pastinya menjadi salah satu final terpanjang.

Petenis peringkat 1 dunia keluar sebagai juara dengan mengklaim kemenangan 7-6, 1-6, 7-6, 4-6, 13-12 atas Federer, meskipun ia percaya bahwa kedudukan akhir merefleksi bagaimana momen-momen krusial berjalan, bukan siapa yang bermain dengan lebih baik pada hari tersebut.

“Saya mengalahkannya dengan 13-12 di set kelima,” ungkap Djokovic kepada 60 Minutes tentang pertandingan tersebut.

“Set yang saya menangkan semuanya dimenangkan dengan babak tiebreak. Secara umum, jika anda melihat statistiknya, ia petenis yang jauh lebih baik di setiap aspek, tetapi saya memenangkan pertandingan. Jadi, hal itu sebenarnya mengatakan bahwa anda masih bisa menang jika anda memilih momen mana di pertandingan di mana anda unggul dan memainan permainan terbaik ketika dibutuhkan.”

Siapapun yang menyaksikan final Wimbledon musim 2019 atau pertandingan penting petenis berkebangsaan Serbia lain dalam kariernya, akan mengetahui seberapa besar keahlian sang petenis dalam memenangkan poin-poin krusial.

Hal tersebut selalu disebabkan oleh kekuatan mental petenis berkebangsaan Serbia yang luar biasa dan memang demikian. Bagaimanapun, ia adalah petenis terbesar yang pernah ada dalam dunia tenis.

Namun, petenis peringkat 1 dunia menolak anggapan bahwa ia mencapai hal tersebut dengan mengabaikan keraguan atau pikiran negatif. Sebenarnya, justru sebaliknya.

“Di momen ketika anda di bawah tekanan, saya mungkin tampak terkurung, tetapi percayalah, ada badai dalam diri saya,” tutur Djokovic.

“Pertempuran terbesar selalu ada di dalam diri kita. Anda memiliki keraguan dan ketakutan. Saya merasakannya di setiap pertandingan. Saya tidak menyukai pola pikir seperti itu, yang saya lihat dalam olahraga. ‘Pikirkan saja pikiran-pikiran positif. Jadilah optimis. Tidak ada ruang untuk kegagalan. Tidak ada ruang untuk keraguan dan hal-hal seperti itu’.”

“Hal itu tidak mungkin. Anda manusia. Perbedaan antara mereka yang mampu menjadi juara sejati dan mereka yang berjuang untuk mencapai level tertinggi adalah kemampuan untuk tidak terlalu lama berada dalam emosi tersebut.”

“Bagi saya, hal itu relatif singkat. Begitu saya mengalaminya, saya mengakuinya. Saya mungkin akan meledak atau berteriak di lapangan. Tetapi saya bisa bangkit kembali dan mengatur ulang semuanya.”

Artikel Tag: Tenis, wimbledon, Novak Djokovic, Roger Federer

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-akui-roger-federer-lebih-baik-di-final-epik-ini
448  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini