Novak Djokovic Akui Langgar Protokol COVID-19 Untuk Hadiri Acara Ini

Penulis: Dian Megane
Kamis 13 Jan 2022, 11:32 WIB
Novak Djokovic mengaku langgar protokol COVID-19 demi penuhi komitmen ini

Novak Djokovic

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Untuk kali pertama, Novak Djokovic mengakui bahwa ia menghadiri pemotretan bersama L’equipe meskipun diinformasikan bahwa hasil tesnya positif COVID-19.

Dalam pernyataan yang dirilis baru-baru ini terkait hal yang ia deskripsikan sebagai langkah untuk mengatasi ‘informasi yang salah’, petenis peringat 1 dunia mengatakan bahwa ia menghadiri acara tersebut karena ia ‘tidak ingin mengecewakan para wartawan’. Ia menyatakan bahwa ia mengenakan masker di sepanjang waktu, kecuali ketika ia benar-benar difoto dan mengikuri aturan jaga jarak.

Acara tersebut digelar pada 18 Desember, dua hari setelah ia melakukan tes PCR setelah diduga ada penyebaran virus di pertandingan basket Euroleague yang ia hadiri sebelumnnya pada pekan tersebut. Di antara kedua ajang, ia juga menghadiri upacara penghargaan bagi para petenis belia di Belgrade. Tetapi, ia menyatakan bahwa ia tidak tahu bahwa ia positif COVID-19 ketika menghadiri upacara penghargaan tersebut.

“Meskipun saya tidak mengalami gejala COVID-19, saya melakukan tes rapid antigen pada 16 Desember yang hasilnya negatif dan karena ingin berhati-hati, saya juga melakukan tes PCR resmi yang disetujui pada hari yang sama,” ungkap Djokovic.

“Pada hari berikutnya, saya menghadiri ajang tenis di Belgrade untuk memberikan penghargaan kepada anak-anak dan melakukan tes rapid antigen sebelum memasuki ajang itu dan hasilnya negatif. Saya tidak mengalami gejala dan merasa baik-baik saja dan saya belum menerima pemberitahuan hasil tes PCR positif sampai setelah ajang itu.”

“Pada 18 Desember, saya berada di pusat tenis saya yang berada di Belgrade untuk memenuhi komitmen yang telah lama disepakati untuk wawancara dan pemotretan bersama L’equipe. Saya membatalkan acara lain, kecuali untuk L’equipe. Saya merasa memiliki kewajiban untuk melakukan wawancara dengan L’equipe karena saya tidak ingin mengecewakan mereka, tetapi saya memastikan bahwa saya melakukan jaga jarak dan mengenakan masker kecuali ketika saya difoto.”

Di Serbia, siapapun yang mendapatkan hasil tes positif COVID-19 harus melakukan isolasi selama 14 hari. Tetapi Djokovic bersikeras bahwa keputusannya untuk menjalankan komitmennya adalah dengan niat baik. Ia kini bisa didenda karena melanggar protokol. Ia mengakui bahwa tindakannya adalah kesalahan penilaian.

Pernyataan petenis berkebangsaan Serbia juga mencuatkan pertanyaan tentang keakuratan pada deklarasi perjalanannya ke Australia. Setelah memenangkan kasus terkait pembatalan visa, sejumlah dokumen dirilis melalui online setelah keputusan tersebut. Dalam deklarasi tersebut, ia memilih ‘tidak’ untuk pertanyaan apakah ia melakukan perjalanan selama 14 hari terakhir sebelum terbang ke Australia. Hal tersebut tidak benar karena ia pergi dari Belgrade ke akademi tenis di Spanyol selama periode tersebut.

“Terkait masalah deklarasi perjalanan saya, hal itu diajukan tim saya atas nama saya – seperti yang saya katakan kepada petugas imigrasi pada saat kedatangan saya – dan agen saya dengan tulus meminta maaf atas kesalahan administrasi dalam mencentang kotakg yang salah tentang perjalanan saya sebelumnya sebelum tiba di Australia. Itu adalah kesalahan manusia dan tentu tidak disengaja,” jelas Djokovic.

“Kami tinggal pada masa yang menantang karena pandemi global dan terkadang kesalahan bisa terjadi. Tim saya telah memberikan informasi tambahan kepada pemerintah Australia untuk mengklarifikasi masalah itu.”

Djokovic saat ini berlatih di Melbourne jelang Australian Open yang akan dimulai pekan depan. Pemerintah Australia masih memiliki kemungkinan membatalkan visanya untuk kali kedua jika mereka memilih untuk menggunakan kekuatan eksekutif mereka. Menteri imigrasi,Alexx Hawke diyakini tengah mengambil keputusan, tetapi belum merilis pernyataan.

Artikel Tag: Tenis, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-akui-langgar-protokol-covid-19-untuk-hadiri-acara-ini
337  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini