Mundur Dari Billie Jean King Cup, Iga Swiatek Desak WTA dan ITF Lakukan Ini

Penulis: Dian Megane
Selasa 04 Okt 2022, 14:00 WIB
Iga Swiatek desak WTA dan ITF lakukan ini usai dirinya mundur dari Billie Jean King Cup

Iga Swiatek [kiri] dan Daria Kasatkina [kanan] ketika lakoni sesi latihan di Ostrava musim 2022

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Iga Swiatek telah memutuskan bahwa ia tidak akan berpartisipasi di Billie Jean King Cup Finals pada November mendatang setelah ia mengkritik WTA dan ITF yang tidak mempedulikan kesejahteraan petenis.

Billie Jean King Cup Finals musim ini akan digelar di Glasgow satu pekan setelah WTA Finals yang menyebabkan masalah dan rintangan bagi banyak petenis.

Hal tersebut tentu menjadi tantangan bagi petenis peringkat 1 dunia yang telah terkualifikasi di WTA Finals, Texas yang akan digelar pada 31 Oktober mendatang.

Sebuah dilema besar setelah kini artinya juara French Open musim 2022 tidak akan bertanding demi negaranya, Polandia di Billie Jean King Cup Finals.

Melalui Instagram, petenis berkebangsaan Polandia mengkritik keputusan pihak WTA dan ITF serta ingin berbicara kepada mereka tentang kesejahteraan petenis agar mencegah mengambil keputusan seperti dirinya.

“Saya telah banyak memikirkannya dan mendiskusikannya dengan tim saya sekali lagi, tetapi kini saya tidak akan bermain di Billie Jean King Cup Finals di Glasgow,” tulis Swiatek.

“Dan itu membuat saya sedih. Saya merasa sangat menyesal karena saya bermain demi Polandia kapanpun jika memungkinkan dan saya selalu memberikan yang terbaik. Bermain di Polandia musim ini adalah sebuah kehormatan dan saya harap melakukannya lagi di akhir musim ini.”

“Saya merasa kecewa bahwa organisasi tenis yang bersangkutan tidak bisa mencapai kesepakatan terkait sesuatu yang mendasar seperti kalender turnamen dan hanya memberikan kami satu hari untuk membuat kami melakukan perjalanan mengelilingi globe dan zona waktu yang berbeda. Situasi seperti itu tidak aman bagi kesehatan kami dan bisa menyebabkan cedera.”

“Saya akan berbicara kepada WTA dan ITF agar mereka mengubah sesuatu. Situasi itu tidak hanya menyulitkan bagi petenis seperti saya, tetapi juga bahi para penggemar yang mendukung kami.”

Sudah jelas Swiatek ingin mengubah kesejahteraan para petenis dan memperbaiki komunikasi di antara organisasi tenis terkait bagaimana memfasilitasi jadwal turnamen bagi petenis.

Namun, kini petenis peringkat 1 dunia akan mengalihkan perhatiannya untuk mempersiapkan diri demi WTA Finals dan sebelum itu, pekan ini ia akan berpartisipasi di Ostrava Open. Ia akan mengawalinya dengan melawan Ajla Tomljanovic atau Zhang Shuai.

Artikel Tag: Tenis, Billie Jean King Cup, Iga Swiatek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/mundur-dari-billie-jean-king-cup-iga-swiatek-desak-wta-dan-itf-lakukan-ini
591  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini