Meski Tersudutkan, Rafael Nadal Terlepas Dari Kekalahan Mengejutkan Di Roma

Penulis: Dian Megane
Jumat 14 Mei 2021, 07:25 WIB
Rafael Nadal melaju ke perempatfinal Italian Open untuk kali ke-16

Rafael Nadal berjuang selama lebih dari 3 jam demi tumbangkan Denis Shapovalov di Roma musim 2021

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Spanyol, Rafael Nadal membukukan perempatfinal Italian Open di Roma untuk kali ke-16 dalam kariernya dengan cara yang cukup dramatis.

Petenis unggulan kedua harus mengamankan match point dan bangkit setelah tertinggal dengan satu set di babak ketiga Italian Open yang berlangsung epik selama 3 jam 27 menit melawan petenis unggulan ke-13, Denis Shapovalov.

Petenis yang telah sembilan kali menjuarai Italian Open tertinggal 0-4 di set pertama, 0-3 di set kedua, dan mengamankan dua peluang match point di set ketiga setelah petenis berkebangsaan Kanada, Shapovalov mengontrol pertandingan.

Namun, juara French Open musim 2020 tetap tenang menghadapi momen penuh tekanan tinggi dan dengan stabil menaikkan level permainan demi mengamankan kemenangan 3-6, 6-4, 7-6.

“Itu menjadi kemenangan penting bagi saya, bisa memenangkan pertandingan seperti itu, 3 jam 27 menit, di final Barceloona Open 3 jam 38 menit, pertandingan yang panjang,” tutur Nadal.

“Bisa memenangkan pertandingan seperti itu melawan para petenis muda memberi saya kepercayaan diri terkait fisik saya. Betul saya harus bermain dengan lebih baik di pertandingan selanjutnya. Tetapi hal utama bagi saya saat ini adalah pulih secara fisik.”

Kemenangan tersebut memperpanjang daftar kemenangan beruntun petenis berkebangsaan Spanyol menjadi 19 kemenangan melawan sesama petenis kidal, rekor yang belum terpatahkan sejak di Montreal musim 2017 ketika Shapovalov menundukkan petenis unggulan kedua pada pertemuan pertama mereka.

Setelah kedua petenis memenangkan masing-masing dua set pertama, sekali lagi Shapovalov menjadi ancaman dengan merebut keunggulan 3-1 di set ketiga. Tetapi kali ini, petenis yang telah mengantongi 20 gelar Grand Slam memanfaatkan service game yang goyah petenis unggulan ke-13.

Setelah petenis berkebangsaan Kanada kesulitan untuk menemukan servis pertama yang memukau, petenis unggulan kedua menciptakan empat peluang break lain.

Namun, lagi-lagi petenis peringkat 3 dunia berada di ujung tanduk setelah Shapovalov memberi tekanan ketika unggul 6-5 dengan menciptakan dua peluang match point. Tetapi petenis unggulan kedua berhasil memunahkannya dan memaksakan babak tiebreak.

Pengalaman menjadi faktor penentu di set penentu setelah Nadal mempertahankan ketenangan untuk menyambar empat poin secara beruntun demi kedudukan 4/1 sebelum memastikan diri lolos ke perempatfinal Italian Open.

“Itu menjadi kemenangan yang positif bagi saya. Saya berjuang sampai akhir untuk berada di perempatfinal. Saya harap saya siap untuk berkompetisi dengan baik,” tukas Nadal.

Memasuki perempatfinal turnamen Masters 1000 untuk kali ke-97 dalam kariernya di Italian Open pekan ini, Nadal akan bertemu juara Madrid Open musim 2021, Alexander Zverev atau mantan petenis peringkat 4 dunia, Kei Nishikori. Zverev telah memetik tiga kemenangan beruntun atas petenis berkebangsaan Spanyol, termasuk kemenangan dua set langsung di Madrid pekan lalu.

Artikel Tag: Tenis, Italian Open, Rafael Nadal, Denis Shapovalov

2088  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini