Meski Tersingkir Di Madrid, Dominic Thiem Merasa Berada Di Jalur Yang Tepat

Penulis: Dian Megane
Minggu 09 Mei 2021, 14:49 WIB
Dominic Thiem gagal di semifinal Madrid Open 2021

Dominic Thiem ketika tampil di Madrid Open 2021

Berita Tenis: Petenis unggulan ketiga, Dominic Thiem kalah dari Alexander Zverev di semifinal Madrid Open musim 2021, tetapi ia mempertimbangkan pekan di Madrid sebagai kemenangan.

Petenis berkebangsaan Austria berkompetisi untuk kali pertama sejak berpartisipasi di Dubai pada Maret lalu dan menggunakan beberapa pekan terakhir menepi dari dunia tenis untuk menyusun kembali kekuatan.

“Hasilnya jauh lebih baik daripada yang saya bayangkan. Saya berharap berada dalam kondisi prima. Tetapi tentu, masih ada banyak hal yang harus ditingkatkan untuk mempertahankan semua intensitas di sepanjang pekan,” ungkap Thiem.

“Tentu sejumlah pukulan, mereka harus sedikit ditingkatkan. Tetapi saya merasa sangat optimis bahwa setiap pekan saya akan terus berkembang, terutama untuk kepercayaan diri, sangat penting untuk mendapatkan hasil yang positif di sini. Saya senang karena saya pikir saya berada di jalur yang tepat.”

Sebelum turun di Madrid Open, petenis peringkat 4 dunia buka-bukaan tentang membutuhkan rehat terkait mentalitas usai kegembiraan memenangkan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di US Open musim lalu (mengalahkan Zverev).

Bagi petenis berkebangsaan Austria, kekecewaan yang tidak terhindarkan tidak langsung muncul. Ia terus menemukan kesuksesan dan mencapai partai puncak ATP Finals (kalah dari Daniil Medvedev) untuk menutup musim lalu.

Namun, setelah menelan kekalahan secara beruntun di awal turnamen Doha dan Dubai, ia memahami bahwa saat itu waktu baginya untuk rehat.

“Saya pikir pandemi memiliki sedikit peran atas hal itu, karena saya pikir berada dalam situasi gelembung sedikit lebih menuntut secara mental, termasuk bermain dalam stadion yang kosong,” tambah Thiem.

“Tetapi alasan utama adalah bahwa saya memenangkan gelar Grand Slam pertama saya (US Open), bahwa saya pada dasarnya mewujudkan tujuan utama saya. Jadi, tentu, cukup sulit untuk terus melangkah seperti sebelumnya.”

“Itu alasan utamanya, saya hanya harus memikirkannya, menyusun kembali kekuatan. Hal itu membutuhkan sedikit waktu.”

Menepi dari lapangan tampaknya hal yang petenis berkebangsaan Austria butuhkan. Runner up Madrid Open musim 2017 dan 2018 mengalahkan Marcos Giron, Alex De Minaur, dan John Isner dalam perjalanan menuju semifinal Madrid Open musim ini.

“Secara keseluruhan, saya merasa sangat senang dengan pekan di Madrid. Saya tidak pernah membayangkan bisa berada di semifinal dan bertanding melawan petenis seperti Sascha (Zverev). Saya tidak bisa mengeluhkan apa pun,” tukas Thiem.

“Tentu, masih banyak hal yang harus ditingkatkan untuk pekan depan dan pekan-pekan setelahnya. Kini, saya akan berusaha tampil apik di Roma, melakoni sesi latihan yang impresif, mudah-mudahan saya bahkan bermain dengan lebih baik daripada di Madrid.”

Thiem akan kembali beraksi di Italian Open, Roma sebelum menuju French Open.

Artikel Tag: Tenis, Madrid Open, US Open, Dominic Thiem, alexander zverev

577  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini