Meski Telah Lakoni Lebih Dari 900 Laga, Djokovic Masih Merasa Seperti Ini

Penulis: Dian Megane
Kamis 29 Okt 2020, 22:12 WIB
Novak Djokovic ramaikan Vienna Open untuk kali pertama sejak musim 2007

Novak Djokovic pekan ini turun di Vienna Open

Berita Tenis: Novak Djokovic telah mengantongi 932 kemenangan di turnamen ATP nomor tunggal dan 17 gelar Grand Slam, tetapi ia mengakui bahwa di setiap pertandingan, ia masih menghadapi tantangan secara mental dan emosional.

Pekan ini, petenis berkebangsaan Serbia berhasil melaju ke perempatfinal Vienna Open dengan kemenangan dua set langsung atas petenis berkebangsaan Kroasia, Borna Coric.

Kemenangan di babak kedua Vienna Open juga memperbesar peluang untuk mengakhiri musim ini sebagai petenis peringkat 1 dunia untuk kali keenam dalam kariernya, prestasi yang akan membuat dirinya menyamai rekor Pete Sampras.

Musim 2020 telah menjadi musim yang dominan bagi petenis peringkat 1 dunia setelah ia mencatatkan 39-2 dengan satu kekalahan karena didiskualifikasi dari US Open dan satu kekalahan lainnya ia alami di final French Open(kalah dari Rafael Nadal).

Meski begitu, ia membeberkan situasi yang terjadi dalam dirinya selama melakoni setiap pertandingan.

“Setiap petenis akan mengatakan bahwa mereka ingin bermain dengan permainan mereka sendiri. Kami memasuki lapangan dengan pikiran jernih dan penuh strategi, tetapi rasa tegang juga menyertai. Terkadang anda merasa pukulan anda tidak bekerja sesuai keinginan anda,” jelas Djokovic.

“Dalam kasus saya, terlepas memiliki pengalaman dengan melakoni begitu banyak pertandingan di turnamen terbesar, saya masih merasa tegang dan memiliki kekhawatiran seperti petenis lain. Saya masih harus menenangkan badai yang terjadi dalam diri saya.”

“Saya pikir hal itu terjadi di setiap pertandingan. Terkadang intensitasnya tinggi, terkadang sebaliknya. Selama bermusim-musim, saya telah belajar bagaimana untuk mengatasi diri saya sendiri dan menenangkan pikiran saya serta memfokuskan energi saya ke jalur yang tepat.”

Terkait dua babak pertama di Vienna Open musim ini, Djokovic menambahkan, “Di set pembuka babak pertama dan babak kedua, saya pikir saya terlalu banyak mengunggu mereka untuk mulai mendikte permainan. Mereka bermain dengan strategi permainan mereka sendiri dan mereka mendapatkan peluang yang lebih baik jika saya tidak terlalu mendikte permainan.”

“Saya banyak berlari, bertahan, dan menggunakan banyak energi. Tetapi terkadang hal itu yang anda butuhkan jika anda ingin menemukan jalan untuk menang. Setiap pertandingan adalah tantangan secara mental dan emosional.”

Artikel Tag: Tenis, Vienna Open, Novak Djokovic

712  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini