Matteo Berrettini Cari Peluang Demi Terkualifikasi Di ATP Finals 2020

Penulis: Dian Megane
Sabtu 24 Okt 2020, 20:20 WIB
Matteo Berrettini masih harus berjuang demi terkualifikasi di ATP Finals musim ini

Langkah Matteo Berrettini menuju ATP Finals musim ini belum pasti

Berita Tenis: Matteo Berrettini telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari Vienna Open musim ini. Alasan dari keputusan tersebut belum diketahui, tetapi dari spekulasi yang mencuat, hal tersebut dikarenakan cedera.

Keputusan tersebut tentu menjadi kemunduran besar bagi petenis peringkat 10 dunia dalam mempersiapkan diri demi terkualifikasi di turnamen akhir musim yang prestisius, ATP Finals pada November mendatang.

Setelah dunia tenis musim ini terganggu akibat pandemi COVID-19 yang menyebabkan jadwal turnamen lebih pendek daripada biasanya, petenis berkebangsaan Italia harus tampil dengan baik di Paris Masters jika ia ingin mendapatkan peluang untuk terkualifikasi di turnamen akhir musim.

Pihak ATP telah menyatakan bahwa peringkat sampai 9 November akan diambil sebagai kualifikasi ATP Finals. Jadi, untuk saat ini petenis peringkat 10 dunia hanya bisa memenangkan poin di Paris Masters. Vienna Open akan dimulai pekan depan dan setelah itu, Paris Masters akan dimulai pada2 November.

Saat ini, hanya dua tempat yang tersisa di turnamen akhir musim. Ada tiga petenis yang berpeluang besar untuk terkualifikasi di turnamen tersebut, yakni Andrey Rublev, Diego Schwartzman, dan Berrettini. Baik Rublev maupun Schwartzman mengincar agar bisa terkualifikasi di turnamen akhir musim untuk kali pertama dalam karier mereka.

Rublev saat ini telah mengumpulkan 3.429 poin, Schwartzman 3.180 poin, dan petenis berkebangsaan Italia 3.075 poin. Bagi petenis berkebangsaan Italia, situasi tersebut cukup berat karena Rublev dan Schwartzman dijadwalkan akan turun, baik di Vienna Open maupun Paris Masters. Saat ini, Schwartzman tengah berlaga di Cologne, di mana ia bisa menambah 250 poin.

Melihat performa dan situasi yang dihadapi Rublev, kemungkinan ia melewatkan ATP Finals cukup kecil. Tetapi jika ia mendapatkan hasil buruk di Vienna Open dan Paris Masters, maka petenis berkebangsaan Argentina dan Berrettini bisa menggantikannya.

Jika runner up di Roma musim ini mendapatkan hasil buruk di Wina dan Paris, maka Berrettini bisa mendapatkan peluang. Petenis berkebangsaan Italia harus berpartisipasi dan memastikan ia melangkah lebih jauh di Paris dan petenis berkebangsaan Argentina tersingkir di babak-babak awal.

Satu hal yang cukup merugikan Berrettini adalah ia akan kehilangan 200 poin yang ia menangkan di ATP Finals musim lalu. Pihak ATP telah menyatakan bahwa poin yang dimenangkan di ATP Finals musim lalu tidak akan dipertimbangkan sebagai poin untuk terkualifikasi di turnamen tersebut pada musim ini.

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, Matteo Berrettini, Andrey Rublev, Diego Schwartzman

677  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini