Madrid Open 2020 Berada Di Ambang Pembatalan

Penulis: Dian Megane
Sabtu 01 Agu 2020, 11:17 WIB
Madrid Open 2020 Berada Di Ambang Pembatalan

[dari kiri ke kanan] CEO WTA, Steve Simon; runner up, Simona Halep; juara, Kiki Bertens; dan direktur turnamen, Feliciano Lopez di Madrid Open 2019

Berita Tenis: Beberapa hari lalu, Italian Open menyatakan bahwa mereka akan menggelar edisi musim ini tanpa menghadirkan penonton. Sebaliknya, Madrid Open musim ini mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan 30 persen penonton.

Namun, situasi saat ini menempatkan Madrid Open berada dalam bahaya setelah wakil menteri kesehatan publik mengirim surat kepada direktur turnamen Madrid Open, Feliciano Lopez. Isi surat tersebut menyatakan bahwa tidak bijak untuk menggelar turnamen tersebut pada September mendatang. Konsekuensinya, hal tersebut mengindikasikan pembatalan Madrid Open atau peringatan yang diberikan kepada Madrid Open.

“Tidak bijaksana menggelar turnamen pada September 2020, karena hal tersebut bisa menimbulkan resiko kesehatan, baik kepada publik, organisasi, dan para petenis,” isi dari surat wakil menteri kesehatan publik, Antonio Zapatero seperti dikutip dari Marca.

Selain iu, komite kesehatan telah meminta pihak turnamen untuk mengambil keputusan yang paling tepat dalam waktu dekat. Tetapi pihak turnamen belum memutuskan.

Untuk saat ini, Madrid Open masih dijadwalkan akan digelar pada 12 – 20 September. Selain itu, mantan juara sekaligus petenis peringkat 2 dunia, Rafael Nadal telah mengumumkan partisipasinya di turnamen tersebut. Pada akhirnya, Nadal tidak akan terbang ke AS untuk mempertahankan gelar US Open dan lebih fokus dengan turnamen clay-court di Eropa.

Sebelumnya, Lopez menyatakan bahwa pihak pemerintah Madrid berkenan dengan protokol ketat yang mereka rencanakan terkait keselamatan bagi para petenis dan penggemar. Tetapi kini, pihak turnamen harus mempertimbangkan kembali pernyataan mereka sebelumnya. Spanyol termasuk salah satu negara paling parah yang terpengaruh COVID-19, tetapi saat ini belum ada lagi kasus aktif.

Sementara di AS, setelah pembatalan Citi Open di Washington, Cincinnati Open (Western & Southern Open) dan US Open akan tetap digelar di Flushing Meadows, New York. Kedua turnamen akan digelar tanpa penonton dan peraturan ketat akan diterappkan demi memastikan keselamatan dan keamanan semua pihak.

Artikel Tag: Tenis, Madrid Open, feliciano lopez, Rafael Nadal

269  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini