Langkah Alex De Minaur Ke Final Di Milan Tak Mampu Dibendung Jaume Munar

Penulis: Dian Megane
Sabtu 10 Nov 2018, 08:47 WIB
Langkah Alex De Minaur Ke Final Di Milan Tak Mampu Dibendung Jaume Munar

Alex De Minaur mantap ke final di Milan

Musim penuh gebrakan dari Alex De Minaur semakin membaik ketika petenis berusia 19 tahun tersebut mengalahkan Jaume Munar dengan 3-4, 4-1, 4-1, 3-4, 4-2 yang mengantarkannya ke final Next Gen ATP Finals di Milan.

Berkat kemenangan tersebut, petenis berkebangsaan Australia, De Minaur mencatatkan 28-22 pada musim ini, setelah di musim sebelumnya ia hanya mencatatkan 2 kemenangan saja. Petenis unggulan kedua, De Minaur belum kalah di sepanjang perhelatan Next Gen ATP Finals setelah memenangkan semua pertandingan di fase grup.

De Minaur dan Munar belum pernah bertemu di turnamen ATP sebelumnya, tetapi Munar memenangkan dua pertemuan mereka sebagai petenis profesional dengan dua set langsung. Salah satu pertemuan tersebut terjadi di final ajang Challenger yang digelar di Segovia, Spanyol pada Agustus lalu dan Munar mengklaim gelar pertamanya di ajang tersebut. Di final tersebut, Munar membutuhkan waktu 70 menit untuk menumbangkan De Minaur.

Namun, De Minaur sejak saat itu telah mengembangkan permainannya dan melakukan lompatan terjauh dibandingkan petenis lainnya untuk menembus peringkat 50 besar musim ini, yakni dari peringkat 208 dunia menjadi peringkat 31 dunia. Dan ia kembali memperlihatkan tajinya di Next Gen Arena ketika ia mengamankan kelima break point yang dihadapinya demi melenggang ke final.

Setelah kalah di babak tiebreak set pembuka, De Minaur kembali memegang kontrol pertandingan. Ia menggunakan kecepatannya untuk membuat Munar frustasi dan tampil dengan agresif di momen yang tepat, sehingga pada dua set selanjutnya, ia hanya kehilangan satu game di setiap set. Tetapi, pada dua peluang match point terakhirnya, De Minaur menyia-nyiakannya dan dimanfaatkan Munar untuk membalikkan keadaan serta memaksakan set penentu.

Di set penentu, De Minaur menyusun kembali kekuatannya dan kali ini ia tidak menyia-nyiakan peluang emas yang didapatnya, termasuk memenangkan 80 persen poin dari servisnya demi membukukan laga final melawan petenis unggulan pertama, Stefanos Tsitsipas atau runner up musim lalu, Andrey Rublev.

Artikel Tag: Tenis, Next Gen ATP Finals, Alex de Minaur, Jaume Munar

877  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini