banner babe

Kenang Musim 2019, Elina Svitolina Berharap Bisa Bermain Dengan Lebih Baik

Penulis: Dian Megane
Selasa 15 Okt 2019, 15:53 WIB
Kenang Musim 2019, Elina Svitolina Berharap Bisa Bermain Dengan Lebih Baik

Elina Svitolina

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Ukraina, Elina Svitolina menyatakan bahwa ia akan merasa lebih senang tentang musim 2019 yang dilaluinya jika performanya di clay-court musim ini lebih baik.

Petenis peringkat 4 dunia, Svitolina memasuki Kremlin Cup pekan ini dengan target memburu gelar pertamanya pada musim ini, hal yang sangat kontras dengan dua musim sebelumnya ketika ia memenangkan empat gelar atau lebih di turnamen WTA.

Namun, Svitolina melenggang ke perempatfinal atau babak yang lebih baik di tiga Grand Slam. Musim ini, ia telah mencatatkan 35-20.

“Ada beberapa turnamen dan pertandingan yang apik, tetapi ada juga banyak turnamen dan pertandingan yang saya harap bisa saya lakoni dengan lebih baik,” ungkap Svitolina di Moskow.

“Contohnya French Open, tetapi cedera tidak mengijinkan saya untuk mempersiapkan diri sebaik yang saya inginkan. Saya merasa sedih bahwa musim clay-court saya berjalan dengan cukup buruk. Peringkat saya mungkin menjadi lebih baik dan saya akan lebih merasa senang jika semuanya berjalan dengan berbeda di musim clay-court.”

Di Madrid dan Roma, Svitolina kalah di pertandingan pembukanya, sehingga ia tidak mampu mempertahankan gelar di Roma. Di French Open, ia kalah dari Garbine Muguruza di babak ketiga. Dari ketiga turnamen tersebut, Svitolina berhasil memenangkan satu pertandingan, tidak termasuk kemenangan karena WO. Selama periode tersebut, ia juga harus berhadapan dengan cedera lutut.

Sementara ia belum memenangkan satu gelar pun musim ini, Svitolina berhasil mempertahankan konsistensinya. Hal tersebut terlihat ketika ia melenggang ke enam perempatfinal dari delapan turnamen terakhir yang dilakoninya sejak Wimbledon. Pada hari Senin (14/10) lalu, ia secara resmi terkualifikasi di WTA Finals, Shenzhen, di mana ia adalah juara bertahan.

“Jika tidak ada konsistensi, anda tidak bisa melangkah maju, anda tidak bisa melakoni turnamen besar, anda mulai merasa ragu, dan anda pun kehilangan kepercayaan diri,” tambah Svitolina.

“Anda membangun rasa percaya diri anda ketika anda bermain dengan sukses, lalu anda bisa melakoni Grand Slam dengan percaya diri. Grand Slam selalu memberikan tekanan ekstra. Anda harus selalu bersiap dan memanfaatkan setiap peluang.”

Jelang turnamen akhir musim, Svitolina bersikukuh bahwa ia merasa lebih baik, baik secara mental maupun fisik.

“Saya menghabiskan satu pekan setelah Beijing. Saya merasa jauh lebih baik. Saya telah melakoni banyak turnamen musim ini,” tukas Svitolina.

“Secara mental, saya merasa sedikit lebih baik setelah saya terkualifikasi di WTA Finals. Ada banyak tekanan yang terlibat ketika saya berusaha untuk terkualifikasi. Bagi saya, itu adalah tujuan musim ini, yang tentunya memberikan banyak tekanan kepada saya secara mental. Tetapi saya sekarang telah beristirahat, saya merasa prima, dan saya akan berusaha untuk siap turun di Moskow.”

Artikel Tag: Tenis, Kremlin Cup, WTA Finals, Elina svitolina

412  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini