Kembali Hadapi Pisau Bedah, Stan Wawrinka Mundur Dari Turnamen Ini

Penulis: Dian Megane
Jumat 26 Mar 2021, 20:56 WIB
Stan Wawrinka akan menepi dari dunia tenis dalam beberapa pekan mendatang usai jalani operasi

Stan Wawrinka jalani operasi pada kaki kiri

Berita Tenis: Petenis yang telah memenangkan tiga gelar Grand Slam, Stan Wawrinka akan menepi dari dunia tenis dalam beberapa pekan ke depan setelah menjalani operasi.

Pada hari Kamis (25/3), petenis berkebangsaan Swiss mengkonfirmasi bahwa ia telah menjalani operasi pada kaki kiri yang telah menyulitkannya dalam beberapa waktu terakhir. Ia menjelaskan bahwa operasi tersebut termasuk operasi kecil, tetapi ia tidak memberikan indikasi tentang kapan ia bisa kembali beraksi di dunia tenis setelah ia mundur dari turnamen di Marbella, Monte Carlo, dan Belgrade.

“Setelah mengalami beberapa masalah pada kaki kiri saya untuk beberapa waktu, saya memutuskan untuk menjalani prosedur kecil. Semuanya berjalan lancar,” tulis Wawrinka melalui Twitter.

“Saya akan menepi selama beberapa pekan, tetapi tidak sabar untuk segera memulai latihan lagi.”

Pengumuman tersebut mencuat setelah awal musim 2021 yang terjal bagi petenis peringkat 21 dunia. Ia hanya memenangkan tiga pertandingan dari empat turnamen yang telah ia lakoni. Pencapaian terbaiknya sampai saat ini di musim 2021 adalah melaju ke perempatfinal Murray River Open di Melbourne. Sejak saat itu ia kalah di babak kedua Australian Open serta babak pertama di Rotterdam dan Doha.

Pada akhir musim lalu, pelatih petenis berkebangsaan Swiss, Dani Vallverdu menyatakan bahwa anak didiknya masih berkomitmen untuk berkompetisi di dunia tenis dan ingin melakukan dorongan terakhir sebelum mengakhiri kariernya. Saat ini, ia adalah petenis putra tertua keenam di peringkat 100 besar. Petenis tertua di peringkat tersebut adalah rekan senegaranya, Roger Federer.

“Ambisi itu pastinya masih ada dan ia ingin melakukan satu dorongan terakhir menuju akhir kariernya. Targetnya tidak hanya memenangkan turnamen, tetapi untuk merasa bahwa ia tetap kompetitif di level yang tinggi,” ungkap Vallverdu.

“Akan menjadi hal yang tidak realistis untuk mengatakan bahwa targetnya adalah memenangkan Grand Slam. Apakah itu bisa terjadi atau tidak? Tentu bisa. Tetapi dengan potensi dan pengalaman, jika ia merasa ia tetap kompetitif melawan para petenis yang ada di posisi puncak, ia akan selalu mendapatkan peluang untuk mencapai hasil-hasil luar biasa.”

Wawrinka akan berharap untuk pulih tepat waktu demi French Open yang akan dimulai pada 23 Mei mendatang. Terlepas dari semua cedera yang telah ia alami sebelumnya, ia telah melakoni French Open pada setiap musimnya sejak musim 2005 dan memenangkan gelarnya pada musim 2015.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Stan Wawrinka

626  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini