Kembali Hadapi Meja Operasi, Roger Federer Ambil Keputusan Mengejutkan

Penulis: Dian Megane
Kamis 20 Feb 2020, 21:04 WIB
Kembali Hadapi Meja Operasi, Roger Federer Ambil Keputusan Mengejutkan

Roger Federer

Berita Tenis: Petenis yang telah mengoleksi 20 gelar Grand Slam, Roger Federer akan melewatkan seluruh musim clay-court setelah dikonfirmasi bahwa ia menjalani operasi pada lutut kanannya.

Petenis peringkat 3 dunia, Federer menjalani operasi artroskopi pada hari Rabu (19/02) waktu setempat di negara asalnya setelah melakukan konsultasi dengan para dokter, sebuah prosedur invasif yang melibatkan pemeriksaan dan perawatan pada sendi. .

Federer menyatakan bahwa lutut kanannya ‘telah mengganggunya dalam beberapa waktu terakhir’ dan para dokter ‘sangat percaya diri bahwa itu akan sepenuhnya pulih’. Petenis berusia 38 tahun, Federer juga pernah melewatkan enam bulan pada musim 2016 akibat cedera lutut.

Dalam pernyataannya, Federer telah mengkonfirmasi bahwa ia tidak akan melakoni turnamen lain sampai tiba musim grass-court. Dengan keputusan tersebut, ia akan melewatkan musim hard-court yang akan segera digelar di Amerika Utara, seperti turnamen Masters 1000 yang digelar di Indian Wells dan Miami, begitupun dengan French Open, satu-satunya turnamen clay-court yang dijadwalkan akan ia lakoni pada musim ini.

“Lutut kanan saya telah mengganggu saya dalam beberapa waktu terakhir,” ungkap Federer melalui media sosial.

“Saya harap hal itu akan segera menghilang, tetapi setelah pemeriksaan dan diskusi dengan tim saya, saya memutuskan untuk menjalani operasi artroskopi di Swiss kemarin (Rabu/19/02). Setelah operasi itu, para dokter mengkonfirmasi bahwa itu adalah hal tepat yang harus dilakukan dan mereka sangat percaya diri bahwa setelahnya saya akan sepenuhnya pulih.”

“Sebagai akibatnya, saya akan melewatkan turnamen di Dubai, Indian Wells, Bogota (ajang eksibisi), Miami, dan French Open. Saya bersyukur atas dukungan semua orang. Saya tidak sabar untuk kembali bermain lagi.”

Kekhawatiran tentang performa Federer mulai mencuat ketika ia beraksi di Australian Open di mana ia kalah di semifinal dari Novak Djokovic. Di Melbourne, Federer mengalami masalah pada lutut kanannya. Sebelumnya, ia tidak mempermasalahkan rasa sakit dan masalah yang ia alami setelah mengalahkan Tennys Sandgren di perempatfinal dan di tengah-tengah pertandingan tersebut, ia sempat meminta jeda karena alasan medis.

Meski begitu, Federer baru-baru ini kembali beraksi. Hampir dua pekan lalu, ia bersama Rafael Nadal melakoni ajang eksibisi di Afrika Selatan yang salah satu tujuannya adalah menggalang dana untuk Roger Federer Foundation yang mendukung edukasi anak-anak di enam negara Afrika bagian selatan, termasuk Afrika Selatan.

Jika sesuai rencana, Federer akan kembali beraksi di turnamen grass-court yang berada di Halle dan akan digelar pada 15 Juni mendatang.

Operasi kali ini merupakan operasi kedua Federer di sepanjang kariernya. Federer pertama kali menghadapi pisau bedah pada musim 2016 untuk memperbaiki cedera pada lutut kiri.

Artikel Tag: Tenis, French Open, australian open, Roger Federer

1333  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini