Karolina Pliskova Tak Terkejut Dengan Dominasi Iga Swiatek

Penulis: Dian Megane
Kamis 12 Mei 2022, 21:13 WIB
Karolina Pliskova tak merasa terkejut dengan dominasi Iga Swiatek

Karolina Pliskova

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: 24 kemenangan beruntun Iga Swiatek saat ini mungkin mengejutkan beberapa pihak, tetapi bukan petenis berkebangsaan Ceko, Karolina Pliskova.

Petenis peringkat 1, Swiatek  merupakan petenis pertama pada musim ini yang telah memenangkan empat gelar turnamen WTA dan petenis putri termuda ketiga yang memenangkan 20 pertandingan atau lebih secara beruntun sejak musim 2000 setelah Williams bersaudara. Bertanding melawan petenis unggulan pada musim ini, ia mencatatkan 14-2. Dominasi petenis berkebangsaan Polandia saat ini mengukuhkan posisinya sebagai petenis dengan peringkat tertinggi, posisi yang ia dapatkan setelah keputusan Ashleigh Barty pensiun dari dunia tenis hanya beberapa pekan setelah memenangkan gelar Australian Open.

Mantan petenis peringkat 1 dunia asal Ceko mengetahui dengan benar bagaimana rasanya bertanding melawan Swiatek setelah ia dibantai di final Italian Open musim lalu. Ia kalah telak 6-0, 6-0 di final tersebut. Pertandingan tersebut menjadi pertandingan pertama dalam kariernya ketika ia melakoni pertandingan tanpa memenangkan satu game pun.

“Saya sama sekali tidak terkejut. Ia memiliki permainan seperti itu. Saya pikir ia mengalahkan begitu banyak petenis dengan sangat mudah karena ia tidak benar-benar menyerahkan satu bola berapa pun kedudukannya,” ungkap Pliskova tentang Swiatek.

“Anda bisa mendapati petenis, contohnya Madison Keys, ia bisa bermain dengan mengagumkan, tetapi kemudian ia selalu melalui satu game ketika ia melakukan beberapa kesalahan. Tetapi saya pikir Iga tidak memiliki permainan seperti itu.”

Tidak mengejutkan jika Swiatek menjadi salah satu petenis yang difavoritkan untuk memenangkan gelar French Open. Ia memenangkan gelar Grand Slam tersebut pada musim 2020 tetapi belum pernah melenggang ke final Grand Slam lain sejak saat itu. Selama pra-musim, ia melakukan perubahan dalam tim pelatihnya. Ia memutuskan berkolaborasi dengan Tomasz Woktorowski yang dikenal pernah bekerja sama dengan salah satu petenis andalan Polandia, Agnieszka Radwanska.

“Tentu, ia masih bisa bermain dengan lebih baik dan lebih buruk, tetapi tetap saja ia tidak memberi kesalahan dengan bebas. Jadi, itulah mengapa sangat menyulitkan untuk mengimbanginya dan tentu, jika anda merasa buruk, maka anda hanya akan kalah banyak,” tambah Pliskova.

“Terutama di clay-court. Saya pikir ia bergerak dengan sangat baik, ia tidak benar-benar memiliki kelemahan. Dan tentu kini, kepercayaan diri, saya pikir hal itu tidak bisa lebih tinggi. Jadi, saya pikir itu bagian cukup besar dari kesuksesannya.”

Ketika Swiatek semakin melambung tinggi, mantan petenis peringkat 1 dunia berharap bisa mendapatkan momentum dalam waktu dekat. Setelah melewatkan awal musim ini akibat cedera tangan, ia kembali beraksi di Indian Wells, tetapi baru menikmati kesuksesan yang terbatas setelah ia gagal memetik kemenangan beruntun di enam turnamen secara beruntun. Kekalahan teranyarnya terjadi di babak kedua Italian Open dari Jil Teichmann.

Petenis berusia 30 tahun memiliki banyak poin untuk dipertahankan selama paruh kedua musim 2022. Musim lalu ia melenggang ke final Wimbledon dan Rogers Cup, begitupun dengan lolos ke perempatfinal US Open.

“Saya pikir saya cukup tua untuk tidak selalu hidup berdasarkan hasil atau mood. Saya pikir saya bisa memisahkan hal itu saat ini,” tutur Pliskova yang saat ini menghuni peringkat 6 dunia.

“Saya melakukan yang terbaik sehingga semuanya tidak hanya tentang hasil dan tenis. Saya merasa senang, saya merasa baik-baik saja, dan terutama pergelangan tangan saya baik-baik saja, sehingga saya merasa cukup baik. Saya pikir jika saya bisa mempertahankan hal seperti itu, bukannya saya akan berpikir sangat positif, tetapi mood seperti itu, maka hal itu bisa membantu saya di paruh kedua musim ini.”

Artikel Tag: Tenis, Karolina Pliskova, Iga Swiatek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/karolina-pliskova-tak-terkejut-dengan-dominasi-iga-swiatek
884  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini