Juarai Wimbledon, Peringkat Novak Djokovic Malah Merosot

Penulis: Dian Megane
Selasa 12 Jul 2022, 19:23 WIB
Gara-gara ini peringkat Novak Djokovic malah menurun meski juara Wimbledon

Novak Djokovic [image: getty images]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Wimbledon musim 2022 telah berakhir dengan petenis berkebangsaan Serbia, Novak Djokovic menjadi juara nomor tunggal putra untuk kali keempat secara beruntun.

Mantan petenis peringkat 1 dunia tidak melalui perjalanan yang mudah demi memenangkan gelar Wimbledon setelah ia kehilangan satu set di laga pembuka melawan Soon Woo Kwon dan babak keempat melawan Tim van Rijthoven. Jannik Sinner bahkan memberinya ujian yang lebih menantang dengan menyudutkannya untuk melakoni lima set di perempatfinal, sementara Cameron Norrie memenangkan set pembuka di semifinal.

Namun, juara bertahan menemukan jalan untuk menemukan formula kemenangan dan bangkit setelah kecolongan set pertama untuk mengalahkan Nick Kyrgios di partai puncak.

Ada sejumlah kontroversi yang naik ke permukaan sebelum Wimbledon musim ini yang dimulai setelah pihak penyelenggara Grand Slam tersebut melarang petenis berkebangsaan Rusia dan Belarusia untuk berpartisipasi akibat invasi Rusia terhadap Ukraina.

Sebagai akibatnya, pihak ATP dan WTA memutuskan untuk tidak memberikan poin peringkat di Wimbledon. Banyak petenis putra yang terpengaruh terhadap keputusan tersebut dan mengalami penurunan peringkat meskipun meraih pencapaian terbaik.

Berikut tujuh petenis yang terpengaruh terhadap keputusan ATP yang tidak memberikan poin peringkat di Wimbledon musim 2022:

1. Novak Djokovic

Musim ini Djokovic memenangkan gelar Wimbledon ketujuh dalam kariernya, tetapi malah mengalami penurunan peringkat setelah ia kehilangan 2000 poin yang ia menangkan musim lalu. Ia pun turun empat peringkat dan kini menghuni peringkat 7 dunia.

Saat ini Djokovic mengantongi 4770 poin, terpaut 75 poin dari petenis peringkat 6 dunia, Carlos Alcaraz. Ia juga terancam terhempas dari peringkat 10 besar jika ia tidak diizinkan berpartisipasi di US Open.

2. Nick Kyrgios

Petenis berkebangsaan Australia, Nick Kyrgios menikmati pencapaian terbaik dalam kariernya sampai saat ini di Grand Slam dengan lolos ke final Wimbledon. Dengan kehilangan poin yang ia dapatkan musim lalu, ia turun lima peringkat ke peringkat 45 dunia. Jika poin peringkat diberikan, ia bisa kembali ke peringkat 20 besar.

3. David Goffin

Petenis berkebangsaan Belgia, David Goffin masih terus memperlihatkan performa yang lebih baik setelah serangkaian performa kurang meyakinkan selama satu musim akibat sejumlah cedera. Meskipun ia lolos ke perempatfinal di London, ia malah turun ke peringkat 71 dunia.

4. Cristian Garin

Petenis berkebangsaan Chili, Cristian Garin termasuk petenis yang secara mengejutkan maju ke perempatfinal di London. Meskipun begitu, peringkatnya turun dari peringkat 43 dunia menjadi peringkat 56 dunia. Jika poin peringkat diberikan, ia bisa menembus peringkat 35 besar.

5. Cameron Norrie

Petenis tuan rumah, Cameron Norrie memenangkan hati para penonton setelah ia lolos ke semifinal di London. Ia kini menghuni peringkat 11 dunia, tetapi jika poin peringkat diberikan, ia bisa menduduki peringkat 8 dunia.

6. Rafael Nadal

Petenis berkebangsaan Spanyol, Rafael Nadal melakoni turnamen grass-court pertama sejak musim 2019 di London dan bermain dengan baik sehingga ia melenggang ke semifinal. Tetapi cedera menghalangi jalan dan memaksanya mundur. Saat ini ia menghuni peringkat 3 dunia, tetapi ia bisa bertengger di peringkat 2 dunia jika poin peringkat diberikan.

7. Tim van Rijthoven

Petenis berkebangsaan Belanda, Tim van Rijthoven berada di luar peringkat 200 besar ketika musim grass-court dimulai. Tetapi ia memenangkan gelar pertama dalam kariernya di ‘s-Hertogenbosch sehingga ia naik ke peringkat 106 dunia.

Ia melenggang ke babak keempat Wimbledon. Ia bisa naik ke peringkat 75 besar jika poin peringkat diberikan dan ia bisa masuk langsung ke US Open musim ini.

Artikel Tag: Tenis, wimbledon, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/juarai-wimbledon-peringkat-novak-djokovic-malah-merosot
647  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini