Juan Martin Del Potro Blak-Blakkan Tentang Cederanya

Penulis: Dian Megane
Kamis 08 Nov 2018, 09:42 WIB
Juan Martin Del Potro Blak-Blakkan Tentang Cederanya

Juan Martin del Potro ketika beraksi di Shanghai musim ini

Petenis yang pernah menjuarai US Open, Juan Martin del Potro mengatakan bahwa ia melewati masa yang menyulitkan setelah ia harus absen dari ATP Finals musim ini akibat cedera.

Del Potro terkualifikasi di ATP Finals untuk kali pertama sejak musim 2013, tetapi ia terpaksa memilih untuk mengundurkan diri dari turnamen akhir musim tersebut. Selama melakoni Shanghai Masters bulan lalu, del Potro terjatuh cukup keras dan mencederai lututnya. Dari hasil scan MRI menunjukkan bahwa ada patahan pada tulang patella bagian kanannya. Tulang patella lebih dikenal dengan tempurung lutut.

“Cedera saya kali ini merupakan kemunduran yang cukup menyulitkan, sungguh sulit untuk menerimanya, bahkan saat ini cukup berat bagi saya melihat diri saya sendiri keluar dari ATP Finals dan tidak mampu menyelesaikan salah satu musim terbaik dalam karier saya karena cedera lainnya. Kali ini saya kurang beruntung,” ungkap del Potro.

Di sepanjang musim 2018, del Potro mengantongi dua gelar, termasuk gelar turnamen Masters 1000 pertama dalam kariernya di Indian Wells, ketika ia mengalahkan juara bertahan, Roger Federer di final. Secara keseluruhan, musim ini del Potro telah melakoni enam final, termasuk US Open (kalah dari Novak Djokovic). Pada Agustus lalu, ia menghuni peringkat tertinggi dalam kariernya, peringkat 3 dunia.

Cedera merupakan sesuatu yang menjadi halangan di sepanjang karier del Potro. Ia telah menjalani total empat operasi pada pergelangan tangannya. Pada kondisi terburuknya, ia hanya bisa melakoni 14 pertandingan pada periode 2014 – 2015 dan terjebak di peringkat 1042 dunia.

“Rehabilitasi berjalan dengan baik. Saya merasa lebih baik dan hal itu memberikan saya kepercayaan diri serta hasrat untuk tetap bermain,” tambah del Potro.

“Tentu, saya harus mengubah tujuan saya karena hal ini. Saya merasa dunia saya seakan runtuh. Beberapa musim yang lalu, saya pernah mengalaminya pada pergelangan tangan saya, tetapi saya tidak pernah menyangka sesuatu yang hampir mirip bisa terjadi lagi.”

“Saya berharap bisa tetap bermain, bahkan jika hal itu tidak mudah. Kali ini saya harus bertarung melawan pikiran-pikiran negatif, tetapi tanpa diragukan lagi, saya akan melakukan apapun agar saya bisa siap kembali.”

Masih menjalani proses rehabilitasi, masih belum jelas kapan del Potro akan kembali ke dunia tenis. Surat kabar Argentina, La Nacion mengutip dari sumber mereka bahwa waktu pemulihan cedera del Potro diperkirakan antara dua sampai empat bulan, walaupun belum ada pernyataan resmi dari pihak del Potro.

Sementara itu musim 2019 akan dimulai pada 31 Desember.

“Saya akan memberi tahu anda bagaimana proses pemulihan saya berjalan dan di turnamen mana saya akan kembali,” imbuh del Potro.

Di ATP Finals, del Potro akan digantikan oleh Kei Nishikori.

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, US Open, Shanghai Masters, Juan Martin Del Potro, Novak Djokovic, Roger Federer, Kei Nishikori

602