Jelang Laga Kontra Rafael Nadal, Roger Federer Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Penulis: Dian Megane
Kamis 06 Jun 2019, 12:14 WIB
Jelang Laga Kontra Rafael Nadal, Roger Federer Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Roger Federer

Berita Tenis: Jika anda kidal, saat ini berada di Paris, dan bisa mematahkan servis mematikan, anda mungkin orang yang dicari oleh Roger Federer.

Menembus pekan kedua di Roland Garros, pilihan untuk mendapatkan seseorang yang kidal untuk berlatih entah kenapa terbatas. Tetapi Federer cukup membutuhkan pasangan latihan yang kidal demi mempersiapkan diri jelang semifinal epik melawan musuh bebuyutannya, Rafael Nadal.

Menantikan pertemuan ke-39 mereka, Federer mengatakan bahwa bertanding melawan Nadal di Roland Garros adalah tantangan besar, terlepas dari performa cukup apik yang telah membawanya ke semifinal di Roland Garros musim ini.

“Bertanding melawan Rafa, terutama di clay-court, anda harus mewaspadai kekuatannya dan hal yang ia bawa ke lapangan. Di atas semua itu, karena ia kidal, hal itu mengubah semuanya,” ungkap Federer.

“Saya memiliki dua hari, yang saya rasa adalah hal yang positif. Itu lebih baik daripada hanya satu hari atau tidak sama sekali. Jadi dari titik itu, saya akan lebih banyak berlatih dengan seseorang yang kidal, memperbaiki servis saya, dan semuanya.”

“Selama ini, saya sudah bertanding melawan lima petenis yang menggunakan tangan kanan, jadi bagi saya, melawannya benar-benar mengubah segalanya. Cara bola anda terlempar dari raket anda dengan putaran yang berbeda, semuanya berbeda. Anda harus terbiasa dengan hal itu secara cepat. Anda tidak memiliki banyak waktu untuk dihabiskan.”

Federer dan Nadal terakhir bertemu di clay-court pada musim 2013 di Roma dan walaupun Federer tertinggal 2-13 melawan Nadal di clay-court – termasuk 0-5 di Roland Garros – petenis berkebangsaan Swiss tersebut percaya bahwa ia memiliki peluang untuk berada di final. Salah satu hal yang membuatnya yakin adalah ia telah mengklaim lima pertemuan terakhir mereka, walaupun sampai saat ini Nadal masih mendominasi head to head mereka dengan 23-15.

“Seperti melawan petenis lainnya, selalu ada peluang. Jika tidak, maka tidak ada seorang pun yang berada di stadion untuk menyaksikan pertandingan, karena semua orang telah mengetahui hasilnya,” tutur Federer.

“Semua orang tahu pertandingannya akan cukup sulit melawan Rafa. Tetapi anda tidak pernah tahu. Mungkin saja ia memiliki masalah atau sakit. Anda mungkin saya bermain dengan luar biasa atau untuk beberapa alasan, ia berjuang keras menghadapi sesuatu. Mungkin akan ada angin yang bertiup sangat kencang atau hujan yang memaksa 10 penundaan. Anda tidak pernah tahu.”

“Bagi saya, berhadapan dengan Rafa tidaklah sederhana. Membutuhkan lima pertandingan untuk sampai di sini. Itulah mengapa saya sangat senang berhadapan dengan Rafa, karena jika anda ingin melakukan sesuatu atau mencapai sesuatu di clay-court, maka tidak diragukan lagi, anda harus melampaui Rafa, karena ia sekuat itu.”

Artikel Tag: Tenis, French Open, Roger Federer, Rafael Nadal

910  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini