Jannik Sinner Bisa Tembus Peringkat 10 Besar Pada Musim 2021, Klaim Panatta

Penulis: Dian Megane
Minggu 10 Jan 2021, 18:24 WIB
Jannik Sinner memiliki kemampuan untuk berkompetisi melawan petenis terbaik dunia

Jannik Sinner ketika tampil di French Open 2020

Berita Tenis: Mantan juara French Open dan Davis Cup, Adriano Panatta baru-baru ini menyanjung Jannik Sinner dan memberikan prediksi dari bintang tenis muda tersebut.

Petenis berusia 19 tahun, Sinner sampai saat ini telah memenangkan gelar Next Gen ATP Finals di Milan musim 2019 dan gelar turnamen ATP pertama dalam kariernya di Sofia Open akhir musim 2020. Ia mengakhiri musim lalu dengan menghuni peringkat terbaik sampai saat ini, peringkat 37 dunia.

Dalam dua musim terakhir, petenis berkebangsaan Italia mengalami peningkatan dari luar peringkat 500 besar menjadi petenis peringkat 40 besar. Ia mengakhiri musim 2020 dengan menjadi satu-satunya petenis remaja yang berada di peringkat 100 besar.

Petenis berusia 19 tahun juga menjadi debutan termuda yang melaju ke perempatfinal French Open sejak Rafael Nadal melakukannya pada musim 2005. Ia tampil habis-habisan di set pertama dan kedua laga perempatfinal melawan Nadal sebelum bintang tenis Spanyol tersebut kembali bangkit dan memenangkannya dengan tiga set langsung.

“Itu adalah pertandingan yang membuktikan kemampuan Jannik dan memperlihatkan bahwa ia siap untuk menantang para petenis terbaik dunia dalam beberapa musim ke depan,” ungkap Panatta.

Panatta juga menyatakan bahwa juara Sofia Open musim 2020 membuat kemajuan besar pada musim yang terganggu akibat krisis kesehatan global.

“Meski ada penangguhan cukup panjang pada musim 2020 akibat COVID-19, Jannik membuktikan bahwa ia memiliki hal yang bisa mengantarkannya menjadi juara. Ia mengalahkan sejumlah petenis handal seperti Alexander Zverev di French Open dan Stefanos Tsitsipas di Roma, bahkan pada pertandingan melawan Nadal di Paris menegaskan bahwa ia siap untuk berkompetisi melawan petenis terbaik dunia,” jelas Panatta.

Petenis yang mengalahkan Vasek Pospisil di final Sofia Open, Sinner juga mendapatkan dukungan kuat dari tim dan pelatihnya, Riccardo Piatti. Panatta berpikir bahwa hal tersebut akan menjadi kunci kesuksesan petenis berusia 19 tahun pada musim lalu.

“Sungguh sangat positif bahwa Jannik dikelilingi orang-orang yang tepat, sebuah tim yang tahu dengan benar bagaimana memberinya saran. Saat ini, ia berpikir seperti petenis yang berusia 25 atau 26 tahun, meski secara fisik, masih ada jalan panjang di depannya,” tambah Panatta.

“Anda harus memberinya waktu, tanpa mengharapkannya langsung memenangkan Grand Slam. Permainannya universal, cocok untuk bermain di clay-court mau pun lapangan yang cepat. Jadi, jangan terlalu keras terhadapnya jika ia kalah di beberapa pertandingan.”

“Mudah-mudahan musim 2021 juga bisa kembali normal secepat mungkin. Di usia Jannik saat ini, penting untuk melakoni banyak pertandingan. Ia memiliki kualitas mengagumkan. Pada musim 2021 kita bisa melihatnya berada di peringkat 10 besar.”

Artikel Tag: Tenis, Sofia Open, French Open, Jannik Sinner

417  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini