Iga Swiatek Torehkan Sunshine Souble Dengan Sabet Gelar Miami Open

Penulis: Dian Megane
Minggu 03 Apr 2022, 09:47 WIB
Juarai Miami Open 2022, Iga Swiatek torehkan sejumlah rekor

Iga Swiatek

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Iga Swiatek meneruskan kampanye memukau di turnamen WTA ketika ia mengantongi kemenangan ke-17 secara beruntun sekaligus gelar ketiga secara beruntun di Miami Open.

Turun di final Miami Open musim 2022, petenis berkebangsaan Polandia memetik kemenangan meyakinkan 6-4, 6-0 atas petenis berkebangsaan Jepang, Naomi Osaka.

Pada hari Senin (4/4), petenis unggulan kedua akan menghuni peringkat 1 dunia untuk kali pertama dalam kariernya dan ia akan menghuni peringkat tersebut setelah kemenangan meyakinkan yang ia torehkan setelah 1 jam 17 menit atas mantan petenis peringkat 1 dunia, Osaka.

“Saya hanya merasa benar-benar puas dan bangga dengan diri saya sendiri,” seru Swiatek. “Saya merasa saya harus merayakannya, karena saya tidak tahu berapa lama saya bisa mempertahankan kemenangan beruntun ini.”

Berkat kemenangan tersebut, juara French Open musim 2020 bergabung dengan klub eksklusif setelah ia menjadi petenis putri keempat yang menorehkan Sunshine Double, yakni memenangkan gelar turnamen WTA level 1000 di Indian Wells dan Miami pada musim yang sama. Menginjak usia 20 tahun, ia menjadi petenis putri termuda yang menorehkan pencapaian luar biasa tersebut.

Dengan pencapaian tersebut, petenis berkebangsaan Polandia bergabung dengan Stefanie Graf (1994, 1996), Kim Clijsters (2005), dan Victoria Azarenka (2016). Begitu hari Senin tiba, keempat petenis tersebut berada dalam daftar peringkat 1 dunia.

“Saya merasa cukup terhormat bahwa saya bisa berada di antara para petenis tersebut, karena saya bahkan tidak memimpikannya beberapa musim yang lalu. Saya tahu akan menyulitkan untuk melakoni dua turnamen secara berruntun. Pada akhirnya saya menyadari bahwa itu hanya pertandingan lain dan saya melaluinya selangkah demi selangkah,” papar Swiatek.

Kemenangan beruntun dalam karier petenis berusia 20 tahun masih berlanjut dengan 17 kemenangan tersebut ia dapatkan di tiga turnamen WTA level 1000 pertama pada musim ini.

Ia menyapu bersih gelar turnamen WTA level 1000 di Doha, Indian Wells, dan kini Miami, bergabung dengan Serena Williams (2013 – Miami, Madrid, Roma, Toronto) dan Caroline Wozniacki (2010 – Montreal, Tokyo, Beijing) sebagai petenis putri yang memenangkan tiga gelar turnamen WTA level 1000 atau lebih secara beruntun pada satu musim.

Namun, ia menjadi petenis pertama yang memenangkan tiga gelar turnamen WTA level 1000 pertama pada satu musim. Secara keseluruhan, gelar Miami Open merupakan gelar keempatnya dari turnamen level tersebut sekaligus gelar nomor tunggal keenam dalam kariernya sampai saat ini.

Lebih jauh lagi, ia menjadi petenis pertama yang memenangkan 17 pertandingan secara beruntun di hard-court dalam satu musim sejak Williams mengantongi 20 kemenangan beruntun di hard-court antara Australian Open dan Rogers Cup, Toronto musim 2015.

“Saya belajar banyak tentang diri saya sendiri, bahwa saya bisa terus melangkah dan saya merasa saya tidak harus 100 persen dalam perolehan poin untuk memenangkan pertandingan melawan petenis hebat. Kini saya bisa sedikit lebih mempercayai diri saya sendiri. Saya benar-benar menggunakan kemenangan beruntun itu untuk mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri dan juga peringkat yang lebih baik,” tambah Swiatek.

Game alot selama 10 menit membuka pertandingan dengan Osaka mengamankan dua break point dan bertahan melalui tujuh deuce sebelum mengklaim game tersebut. Sejumlah game ketat mengikuti sebelum Swiatek mengklaim peluang break pertama demi keunggulan 3-2.

Hal tersebut terbukti menjadi momen penentu yang membantu petenis unggulan kedua unggul satu set meskipun pengembalian Osaka membantunya merebut dua game lain. Petenis ungglan kedua mempertahankan momentum ketika set kedua dimulai.

Swiatek menyambar tujuh game terakhir secara beruntun demi mempertahankan kemenangan beruntun. Ia tidak pernah menghadapi break point di sepanjang final Miami Open musim ini.

“Bertanding melawan Naomi di final cukup menyenangkan dan saya tahu bahwa dunia akan menyaksikannya, karena itu pertandingan yang menarik untuk diikuti,” tukas Swiatek.

“Saya ingin memberikan permainan terbaik sehingga para penonton akan merasa puas menyaksikannya. Tetapi di sisi lain, hanya melihat saya bisa bermain dengan baik melawan petenis selihai itu benar-benar memuaskan.”

Artikel Tag: Tenis, miami open, Iga Swiatek, Naomi Osaka

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/iga-swiatek-torehkan-sunshine-souble-dengan-sabet-gelar-miami-open
619  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini