Iga Swiatek Tak Terganggu Dengan Tekanan Menuju French Open

Penulis: Dian Megane
Senin 16 Mei 2022, 21:01 WIB
Jelang French Open, Iga Swiatek tak biarkan tekanan menghalangi langkahnya

Iga Swiatek ketika beraksi di Roma musim 2022

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Usai mengklaim gelar kelima secara beruntun di Roma, Iga Swiatek bersikeras ia akan mampu mengatasi ekspektasi tinggi jelang French Open akhir bulan ini.

Petenis peringkat 1 dunia menumbangkan petenis berkebangsaan Tunisia, Ons Jabeur dengan dua set langsung di final Italian Open dan kini mengantongi 28 kemenangan secara beruntun, sehingga ia menjadi petenis putri keempat yang melakukannya sejak musim 2000 setelah Williams bersaudara dan Justine Henin. Secara keseluruhan, sejauh ini pada musim 2022, ia mencatatkan 35-3. Sebelum menang di Roma, ia juga memenangkan gelar di Doha, Indian Wells, Miami, dan Stuttgart.

Dengan pencapaian gemilang seperti itu, petenis berkebangsaan Polandia menuju French Open sebagai salah satu petenis yang harus dikalahkan. Juara Grand Slam di Paris musim 2020 menerima tekanan tambahan dengan menjadi petenis unggulan pertama di Grand Slam tersebut untuk kali pertama ketika usianya menginjak 20 tahun. Dalam beberapa pekan terakhir, ia juga harus berhadapan dengan minat media terhadapnya yang semakin meningkat.

“Saat ini, saya merasa sedikit lebih baik karena saya menerima beberapa hal,” ungkap Swiatek ketika ditanya tentang bagaimana ia berhadapan dengan tekanan.

“Saya sudah tahu bahwa saya melakukan beberapa hal luar biasa pada musim ini, jadi saya merasa saya bisa bermain dengan bebas dan tidak berpikir bahwa saya harus memenangkan sejumlah turnamen, saya harus memenangkan beberapa pertandingan, atau saya harus mengamankan beberapa poin.”

“Musim ini, tekanan yang selalu saya tempatkan pada diri saya sendiri, sedikit lebih rendah. Yang pasti, ekspektasi dari sekitar saya menjadi lebih tinggi, tetapi saya tidak pernah memiliki masalah dengan hal itu dan tidak terlalu memikirkannya.”

Jelang French Open, petenis peringkat 1 dunia meyakini bahwa metode terbaik adalah tidak mengubah apapun. Ia saat ini dilatih Tomasz Wiktorowski yang bergabung dengan timnya selama pra-musim. Ia juga didukung psikolog olahraga, Daria Abramowicz yang telah bekerja sama dengannya selama dua musim terakhir.

“Sejujurnya, saya akan melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan di Roma, dan juga turnamen lain,” tutur Swiatek tentang persiapan menuju French Open.

“Yang jelas, itu akan sedikit lebih sulit dengan semua jeda yang akan kami dapati di antara pertandingan. Saya juga menyukai ritme bahwa kami dapatkan di Grand Slam. Sekali lagi, saya akan berusaha melakukannya selangkah demi selangkah, hanya memikirkan tentang pertandingan selanjutnya seperti yang saya lakukan di turnamen lain.”

Jika Swiatek memenangkan French Open, ia akan menorehkan kemenangan beruntun terpanjang sejak Serena Williams musim 2013. Ketika banyak memperkirakan bahwa ia akan memenangkan lebih banyak Grand Slam, ia tetap berpikir terbuka tentang berapa lama ia bisa mempertahankan kemenangan beruntun tersebut.

“Pertanyaan bagus. Saya pikir tidak ada seorang pun yang tahu jawabannya,” tukas Swiatek.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Iga Swiatek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/iga-swiatek-tak-terganggu-dengan-tekanan-menuju-french-open
914  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini