Iga Swiatek Pilih Lewatkan Billie Jean King Cup

Penulis: Dian Megane
Kamis 18 Mar 2021, 20:28 WIB
Iga Swiatek urungkan niat untuk wakili negaranya di Billie Jean King Cup 2021

Meski tak turun di Billie Jean King Cup 2021, Iga Swiatek berharap tampil impresif di Olimpiade

Berita Tenis: Harapan Polandia akan kesuksesan di Billie Jean King Cup menghadapi kemunduran besar setelah petenis andalan mereka, Iga Swiatek memilih untuk tidak berpartisipasi.

Juara French Open musim 2020 menyatakan bahwa keputusannya untuk mundur dari Billie Jean King Cup terkait dengan “tantangan dan kejutan” ketika melakoni turnamen WTA selama pandemi COVID-19. Berbagai macam peraturan internasional masih diterapkan dan beberapa turnamen menciptakan situasi gelembung masing-masing di mana para petenis diharuskan karantina. Sebaliknya, ia berniat untuk fokus dengan komitmen melakoni turnamen WTA.

“Mewakili negara saya selalu menjadi hal lebih dari sekadar kompetisi bagi saya. Itu adalah suatu kehormatan dan keistimewaan. Hal itu bahkan lebih signifikan, karena telah menjadi tradisi keluarga saya,” tulis Swiatek.

“Sayangnya, saya tidak akan bermain di Billie Jean King Cup. Karena satu musim penuh pertama di turnamen WTA penuh dengan tantangan dan kejutan, terutama dengan kenyataan masih adanya pandemi, saya harus menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan keadaan.”

Petenis peringkat 16 dunia sampai sejauh ini telah mewakili negaranya dalam delapan laga dan ia memenangkan tujuh dari 10 pertandingan yang ia lakoni. Musim lalu, ia memenangkan ketiga pertandingan yang ia lakoni. Awalnya bertajuk Fed Cup, ajang tenis beregu putri diganti namanya pada musim 2020 dalam menghormati mantan petenis peringkat 1 dunia, Billie Jean King.

Terlepas dari ketidakhadirannya di ajang tenis beregu putri tersebut, juara di Adelaide musim 2021 masih berharap bisa mempersembahkan kesuksesan bagi negaranya di Olimpiade yang akan digelar di Tokyo dan ia akan menargetkan untuk menjadi petenis Polandia pertama dalam sejarah yang memenangkan medali Olimpiade. Sejauh ini, Polandia telah mengantongi 68 medali emas Olimpiade musim panas dan 25 di antaranya dipersembahkan dari nomor atletik.

“Olimpiade masih menjadi salah satu tujuan yang paling relevan untuk musim ini dan saya akan melakukan yang terbaik di Tokyo demi mewakili negara saya. di waktu yang sama, saya berharap bisa melakoni lebih banyak pertandingan di Billie Jean King Cup pada masa yang akan datang,” lanjut Swiatek.

Olimpiade di Tokyo dijadwalkan akan digelar pada 23 Juli setelah ditunda selama satu tahun akibat pandemi. Cabang olahraga tenis akan dimulai satu hari setelah upacara pembukaan di Ariake Coliseum, tempat yang juga menjadi venue Pan Pacific Open.

Sejauh ini pada musim 2021, Swiatek telah memenangkan 10 dari 13 pertandingan yang ia lakoni di empat turnamen. Performa terbaiknya terjadi di Adelaide International ketika ia mengalahkan Belinda Bencic demi mengantongi gelar kedua setelah gelar French Open.

Artikel Tag: Tenis, Billie Jean King Cup, olimpiade, Iga Swiatek

695  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini