Iga Swiatek Buka Suara Terkait Tuduhan Kepada Ketua Federasi Tenis Polandia

Penulis: Dian Megane
Rabu 23 Nov 2022, 20:28 WIB
Iga Swiatek tak tinggal diam terkait tuduhan terhadap ketua federasi tenis Polandia

Iga Swiatek ketika beraksi di WTA Finals, Texas musim 2022

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Pekan ini, petenis peringkat 1 dunia, Iga Swiatek buka suara setelah mencuat tuduhan pelecahan seksual terhadap presiden federasi tenis Polandia, Miroslaw Skrzypczynski.

Pada hari Senin (21/11), anggota parlemen Polandia, Kataryna Kotula mengatakan kepada media bahwa ia telah mengalami pelecehan seksual saat remaja oleh Skrzypczynski, pelatihnya saat itu.

Juara US Open musim 2022 pun buka suara dan menggunakan Twitter dengan meminta langkah pasti dalam unggahan yang cukup panjang.

“Sebagai petenis peringkat 1 dunia nomor putri saat ini, saya tidak bisa tetap diam,” tulis Swiatek yang mendominasi dunia tenis putri pada musim 2022, termasuk memenangkan delapan gelar dan dua di antaranya dua gelar Grand Slam.

“Saya mempertimbangkan laporan terkait presiden federasi tenis Polandia sebagai sesuatu yang serius.”

“Pertama-tama, kita harus memikirkan tentang mereka, para korban. Saya menentang kekerasan dalam dunia olahraga, khususnya tenis, dalam setiap disiplin dan dalam kehidupan sehari-hari.”

Juara French Open musim 2022 mendesak federasi tenis untuk mencari tahu apa yang terjadi dan menambahkan, “Bukan pekerjaan saya untuk melakukan pekerjaan pimpinan federasi atau wartawan karena kasus ini terlalu serius yang melibatkan kehidupan dan kesejahteraan orang lain.”

Petenis berkebangsaan Polandia berterima kasih kepada sang ayah yang telah melindunginya selama meniti karier di turnamen junior dengan menambahkan bahwa ia belum pernah menjadi korban pelecehan seksual.

“Saya memiliki tim yang mengagumkan, aman, dan saat ini saya merasa benar-benar beruntung, tetapi saya menyadari bahwa tidak setiap atlet bisa mendapatkan kebebasan yang sama.”

Rekan senegara Swiatek, petenis berusia 25 tahun, Hubert Hurkacz juga menyuarakan pendapat tentang tuduhan tersebut, menentang penyalahgunaan kekuasaan oleh pelatih atau wali dari petenis dan meminta pihak berwenang untuk mengambil langkah.

“Saya harap pihak berwenang akan mengambil langkah,” seru Hurkacz.

Mantan petenis junior, Kotula mendeskripsikan Skrzypczynski sebagai predator seksual. Ia menyatakan bahwa sang mantan pelatih telah melecehkannya setidaknya sebanyak 12 kali dalam tiga musim ketika ia bergabung dengan salah satu klub di Polandia bagian timur laut pada musim 1990-an. Ia juga menyatakan bahwa ia bukan satu-satunya korban yang dilecehkan oleh Skrzypczynski yang menggambarkan tuduhan terseut dalam bahasa Polandia sebagai hal yang tidak berdasar, menurut pers nasional negara tersebut.

Artikel Tag: Tenis, Iga Swiatek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/iga-swiatek-buka-suara-terkait-tuduhan-kepada-ketua-federasi-tenis-polandia
583  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini