Hasil Wimbledon: Jadi Juara, Ashleigh Barty Ukir Sejarah Bagi Australia

Penulis: Dian Megane
Sabtu 10 Jul 2021, 23:13 WIB
Ashleigh Barty kantongi gelar Grand Slam kedua dalam kariernya di Wimbledon 2021

Ashleigh Barty berpose dengan gelar Wimbledon pertama dalam kariernya

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Ashleigh Barty menjadi petenis putri Australia pertama yang memenangkan gelar Wimbledon nomor tunggal dalam 41 terakhir pada hari Sabtu (10/7) waktu setempat.

Menghadapi petenis berkebangsaan Ceko, Karolina Pliskova di final Wimbledon musim 2021, petenis peringkat 1 dunia sukses memetik kemenangan 6-3, 6-7, 6-3.

Juara Grand Slam di Roland Garros musim 2019 berhasil meniru prestasi idolanya, Evonne Goolagong yang mengklaim gelar Wimbledon pada musim 1980.

“Saya harap saya membuat Evonne bangga. Ini sungguh luar biasa,”seru Barty.

Sepuluh musim setelah memenangkan gelar Wimbledon kategori junior ketika masih berusia 15 tahun, petenis unggulan pertama memasuki final kali ini dengan mengantongi lima kemenangan dari tujuh pertemuan melawan petenis unggulan kedelapan, Pliskova.

Mengawali pertandingan, juara Miami Open musim 2021 menyambar keunggulan 4-0. Pliskova tampak tak berdaya menghadapi slice dan keakuratan petenis unggulan pertama, tetapi berhasil menemukan jalan untuk kembali dengan mendapatkan dua peluang service break. Tetapi hal tersebut tidak bisa diandalkan setelah pada akhirnya petenis unggulan pertama memenangkan set pertama.

Petenis berkebangsaan Australia mempertahankan momentum di set kedua dengan merebut keunggulan 3-1, tetapi petenis unggulan kedelapan menemukan level permainan yang lebih tinggi untuk menyamakan kedudukan 3-3.

Petenis unggulan pertama berpeluang untuk memenangkan set kedua, tetapi Pliskova memunahkan peluang tersebut dan memaksakan babak tiebreak yang berhasil ia menangkan sehingga kedudukan pun imbang satu set sama.

Namun, Barty berhasil menyusun kembali kekuatannya dan menyambar keunggulan 3-0 di set penentu dengan peluang break yang cukup baginya untuk mempertahankan momentum di set penentu.

Petenis peringkat 1 dunia berhasil mengkonversi peluang match point pertamanya ketika Pliskova melakukan unforced error dengan backhandnya, unforced error ke-32 petenis berkebangsaan Ceko di sepanjang pertandingan.

Begitu memastikan diri jadi juara, petenis yang kini mengantongi dua gelar Grand Slam berlutut dan berlinang air mata, lalu kemudian menyatakan bahwa ia tidak mampu mengingat apa yang terjadi pada peluang match point.

“Ia memaksa saya mengeluarkan performa terbaik saya hari ini (10/7),” lanjut Barty.

“Saya bangga dengan diri saya sendiri bahwa saya bisa tampil meyakinkan di awal set ketiga. Butuh waktu cukup lama bagi saya untuk mengatakan bahwa saya ingin memenangkan Grand Slam ini, tetapi kini rasanya lebih baik daripada yang pernah saya bayangkan.”

“Saya tidak bisa tidur pada malam sebelumnya. Tetapi saya merasa seperti di rumah sendiri ketika berada di lapangan.”

Artikel Tag: Tenis, wimbledon, Ashleigh barty, Karolina Pliskova

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/hasil-wimbledon-jadi-juara-ashleigh-barty-ukir-sejarah-bagi-australia
858  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini