Hasil US Open: Perjuangan Dominic Thiem Berbuah Gelar Grand Slam Pertama

Penulis: Dian Megane
Senin 14 Sep 2020, 09:08 WIB
Dominic Thiem karamkan Alexander Zverev di final US Open 2020

Dominic Thiem tersenyum sumringah bersama gelar Grand Slam pertama dalam kariernya

Berita Tenis: Dominic Thiem memperlihatkan kebangkitan yang bersejarah demi menumbangkan Alexander Zverev di laga lima set yang menantang di US Open musim 2020.

Petenis unggulan kedua harus melihat dua set pertama lepas dari genggamannya sebelum mengukir kemenangan 2-6, 4-6, 6-4, 6-3, 7-6 atas petenis unggulan kelima, Zverev setelah 4 jam 2 menit di Arthur Ashe Stadium yang kosong.

Kemenangan petenis berkebangsaan Austria tersebut menandai untuk kali pertama US Open dimenangkan setelah seorang petenis kehilangan dua set pertama sebelum bangkit demi memenangkan gelar dan untuk kali pertama final Grand Slam tersebut harus ditentukan melalui babak tiebreak.

“Saya berharap kita akan memiliki dua pemenang hari ini (13/09). Saya pikir kami berdua layak mendapatkannya,” seru Thiem.

Gelar Grand Slam musim ini merupakan gelar Grand Slam perdana petenis berusia 27 tahun, Thiem setelah di tiga final Grand Slam sebelumnya ia harus berakhir sebagai runner up, yakni di Australian Open musim ini dan French Open musim 2018 serta 2019.

Ia menjadi juara Grand Slam baru sejak petenis berkebangsaan Kroasia, Marin Cilic memenangkan US Open musim 2014.

Petenis berkebangsaan Jerman, Zverev melesatkan empat ace dan 16 winner di set pertama serta memperlihatkan servis dan volley yang impresif sebelum memenangkan set pertama dalam waktu 30 menit. Ia juga tertolong dengan servis kurang meyakinkan Thiem yang melakukan tiga pelanggaran ganda.

Di set kedua, petenis unggulan kelima menyia-nyiakan tiga set point pada kedudukan 5-1 sebelum unggul 2 set usai mengkonversi set point kelimanya.

Pertandingan mulai berubah arah di set ketiga, apalagi setelah servis kedua petenis berkebangsaan Jerman malah melambat dan forehandnya menjadi lebih banyak bertahan.

Setelah Thiem merebut set keempat, Zverev menemukan dirinya berpeluang menutup pertandingan pada kedudukan 5-3 di set kelima. Tetapi ia tidak bisa memanfaatkannya dan kedudukan berubah menjadi 6-5 atas keunggulan thiem.

Petenis berkebangsaan Austria sempat meminta jeda untuk alasan medis sebelum ia servis demi menutup pertandingan. Tetapi ia juga gagal memanfaatkan peluang sebelum memasuki babak tiebreak.

Ia menemukan dirinya unggul 5/3 setelah dua pelanggaran ganda dari raket Zverev, tetapi rasa lelah menyerangnya sehingga ia menyia-nyiakan dua peluang match point.

Namun, Thiem akhirnya berhak membawa pulang trofi kemenangan dan cek senilai 3 juta dolar AS setelah pada peluang match point ketiga, pengembalian Zverev terlalu melebar.

Partai puncak tersebut hanya disaksikan beberapa orang saja, sebagian besar adalah pihak ofisial, wartawan, dan staf turnamen setelah pandemi COVID-19 memaksa pihak turnamen menggelarnya tanpa penonton.

Pertandingan tersebut berlangsung naik turun setelah kedua tenis merasa sangat ingin memenangkan gelar Grand Slam pertama mereka.

Zverev menembakkan 15 ace, cukup banyak dibandingkan Thiem yang hanya menghasilkan 2 ace. Petenis berkebangsaan Jerman tersebut melakukan 15 pelanggaran ganda dan lawannya asal Austria melakukan 8 pelanggaran ganda.

Zverev juga menghasilkan lebih banyak winner, 52 dibandingkan 43, tetapi ia juga melakukan lebih banyak unforced error dengan 65 berbanding 55.

Venue US Open musim ini ini terasa kosong tanpa kehadiran Roger Federer dan juara bertahan, Rafael Nadal, ditambah ketika Novak Djokovic didiskualifikasi karena tidak sengaja memukul bola yang mengenai hakim garis.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Dominic Thiem, alexander zverev

603  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini