Hasil US Open: Naomi Osaka Berhasil Sabet Gelar kedua

Penulis: Dian Megane
Minggu 13 Sep 2020, 06:01 WIB
Naomi Osaka lumpuhkan Victoria Azarenka di final US Open 2020

Naomi Osaka [kanan] dan Victoria Azarenka [kiri] usai lakoni final US Open 2020

Berita Tenis: Setelah hanya memenangkan satu game saja di set pembuka, Naomi Osaka bangkit kembali demi menumbangkan Victoria Azarenka dengan 1-6, 6-3, 6-3 di final US Open musim 2020.

Berkat kemenangan tersebut, petenis unggulan keempat sukses mengantongi gelar US Open kedua sekaligus gelar Grand Slam ketiga dalam kariernya.

Dengan kedudukan akhir tersebut, bintang tenis Jepang menjadi petenis putri pertama dalam 25 tahun terakhir yang memenangkan US Open setelah kecolongan set pertama. Petenis putri terakhir yang melakukannya adalah Arantxa Sanchez Vicario yang mengalahkan Steffi Graf pada musim 1994.

Petenis non unggulan, Azarenka yang tampil impresif melawan sesama juara Grand Slam sekaligus seorang ibu, Serena Williams di semifinal, melakoni final Grand Slam pertama dalam tujuh musim terakhir. Akibat kekalahan tersebut, ia mencatatkan 0-3 di final US Open dan ketiganya kalah dengan tiga set. Ia kalah dari Williams di final musim 2012 dan 2013.

Secara keseluruhan, Osaka menghasilkan 34 winner dengan melakukan 26 unforced error – setengah di antara kesalahan tersebut ia lakukan di set pertama – dan ia mengkonversi lia dari 12 peluang break point yang ia ciptakan sambil memenangkan hampir setelah dari semua poin pada pengembalian servis lawan.

Meski Azarenka tampil cukup baik pada final Grand Slam untuk kali pertama setelah tujuh musim, ia tidak bisa mengimbangi strategi permainan agresif Osaka. Ia menyelesaikan pertandingan dengan 30 winner dengan 22 unforced error dan hanya memenangkan sembilan poin dari servis keduanya.

Dua pekan lalu, kedua petenis dijadwalkan bertemu di final Cincinnati Open (Western & Southern Open). Tetapi Azarenka memenangkannya tanpa mengangkat raket satu kali pun setelah Osaka terpaksa mundur karena cedera. Kembali bertemu di final US Open, baik petenis berkebangsaan Belarusia maupun cedera tidak menghalangi jalannya untuk memenangkan gelar US Open musim ini.

Sementara itu, Osaka memenangkan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di US Open musim 2018 (mengalahkan Williams) dan diikuti dengan memenangkan Australian Open musim 2019 (mengalahkan Petra Kvitova). Tetapi ia mengakui bahwa ia berjuang keras menghadapi tekanan karena kesuksesan yang ia raih di awal kariernya yang masih hijau dan merasa patah semangat dengan hasil yang ia dapat setelah itu.

Musim lalu, ia kalah di babak keempat Grand Slam yang digelar di Flushing Meadows, New York  dan awal musim ini, ia kalah di babak ketiga di Australian Open. Tetapi,ia menemukan sudut pandang yang lain selama jeda yang tidak terduga akibat pandemi COVID-19.

Di sepanjang perjalanan yang Osaka lalui di Grand Slam kali ini, petenis unggulan keempat mengenakan masker yang berbeda di setiap pertandingan. Setiap masker mewakili nama dari seseorang yang tewas sebagai hasil dari ketidakadilan ras dan kebrutalan piihak kepolisian. Hal tersebut ia lakukan dengan harapan akan meningkatkan kesadaran global akan kisah para korbandan keadaan menyedihkan yang masih terjadi.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Naomi Osaka, Victoria Azarenka

669  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini