Hasil US Open: Meski Tertatih, Victoria Azarenka Tembus Perempatfinal

Penulis: Dian Megane
Selasa 08 Sep 2020, 14:31 WIB
Victoria Azarenka pulangkan Karolina Muchova dari New York

Victoria Azarenka siap ramaikan perempatfinal US Open 2020

Berita Tenis: Runner up sebanyak dua kali di US Open, Victoria Azarenka kembali ke perempatfinal Grand Slam tersebut untuk kali pertama dalam lima musim terakhir.

Pencapaian tersebut Azarenka raih setelah menumbangkan petenis unggulan ke-20, Karolina Muchova dengan 5-7, 6-1, 6-4.

“Itu pertandingan yang menakjubkan,” seru Azarenka.

“Ia bermain dengan memukau, mengincar bola, dan mengembalikan semuanya. Saya mencoba untuk mendatangi area net dan menembakkan beberapa pukulan, tetapi saya tidak bisa melakukan apapun. Itu pertandingan yang luar biasa dengan kualitas tinggi. Saya benar-benar harus berjuang dan memberikan lebih banyak serangan, karena ia merasakan bolanya dengan benar-benar baik.”

“Itu pertandingan yang benar-benar sengit, tetapi juga begitu menyenangkan. Saya harap orang-orang merasa senang menyaksikannya, karena saya menikmati ketika melakoninya.”

Berkat kemenangan atas Muchova, petenis berkebangsaan Belarusia tersebut mengantongi sembilan kemenangan secara beruntun – sejak turun di Cincinnati Open (Western & Southern Open) dua pekan lalu – setelah 2 jam 29 menit di Louis Armstong Stadium.

Bertemu untuk kali pertama dengan mantan petenis peringkat 1 dunia, petenis berkebangsaan Ceko, Muchova yang melaju ke perempatfinal Grand Slam untuk kali pertama di Wimbledon musim lalu dan mengawali US Open musim ini dengan menundukkan petenis sekelas Venus Williams, mengawali pertandingan dengan cukup meyakinkan usai merebut keunggulan 4-1.

Azarenka yang tengah memperlihatkan performa terbaiknya setelah memenangkan gelar Cincinnati Open musim ini – gelar turnamen WTA nomor tunggal pertama sejak melahirkan anaknya pada tahun 2016 – dan menembus pekan kedua US Open musim ini tanpa kehilangan satu set pun, mengamankan dua set point yang dihadapinya, bahkan menyamakan kedudukan dengan 5-5, tetapi petenis yang ada di seberang netnya membalas dan menyambar dua game terakhir set pertama.

“Ketika anda menjadi orang tua, anda memiliki tanggung jawab yang tidak anda miliki sebelumnya. Anda harus merespon hal itu dan belajar tentang diri anda. Bukan hanya saya mengajarkan Leo (anak laki-lakinya), saya merasa ia terus mengajari saya tentang diri saya sendiri. Terkadang, saya melihatnya mengekspresikan sesuatu dan perilaku yang ia tampakkan, dan hal itu membuat saya berpikir bahwa saya harus mengubah sikap saya sendiri, sehingga saya tidak akan melihatnya dari dirinya. Anak-anak seperti spons, saya akan mengatakan satu kata dan ia akan mengulanginya lagi,” jelas Azarenka.

“Sudut pandang itu saya coba terjemahkan di atas lapangan. Saya ingin melakukan yang terbaik karena anak saya menyaksikan saya saat ini. Ia memahami lebih, jadi saya harus menjadi panutan yang baik, sehingga ia akan tumbuh dengan sikap yang positif dan tidak menghancurkan raket.”

Memasuki set kedua, juara Cincinnati Open musim ini langsung tancap gas untuk menyambar keunggulan 5-1. Ia mendapatkan peluang set point ketika pengembalian lawannya menyangkut di net dan memaksakan set ketiga setelah pengembalian lain dari petenis berkebangsaan Ceko kembali bersarang di net.

Mengawali set ketiga, kedua petenis bertaring sengit, tetapi Azarenka tampil lebih meyakinkan dan mendapatkan peluang untuk memenangkan pertandingan. Mengerahkan kekuatan terakhir, petenis berkebangsaan Ceko mengamankan satu match point yang ia hadapi, tetapi Azarenka tidak panik sebelum mengkonversi peluang match point ketiganya.

Secara keseluruhan, Azarenka menyerang dengan 21 winner dan melakukan 28 unforced error, sementara Muchova menghasilkan 32 winner dengan 45 unforced error.

Berdiri di antara petenis berusia 31 tahun dengan semifinal Grand Slam pertama sejak US Open musim 2013 adalah Elise Mertens atau Sofia Kenin.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Victoria Azarenka, Karolina Muchova

1154  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini